Teknologi Otomotif

Jarak Bukan Halangan Bagi Mobil Listrik BMW

Ekawan Raharja    •    Rabu, 29 Nov 2017 17:01 WIB
mobil listrikbmw
Jarak Bukan Halangan Bagi Mobil Listrik BMW
BMW i3 merupakan salah satu mobil listrik yang ada saat ini. BMW

Jakarta: BMW terus melakukan inovasi untuk mobil listrik mereka. Salah satu isu yang sedang mereka atasi adalah jarak tempuh mobil listrik.

Rencananya mereka berencana untuk meluncurkan sistem penggerak mobil listrik generasi kelima pada 2021. Target ini terpat dua tahun setelah fasilitas Battery Cell Competence Center yang ada di Munich Jerman beroperasi.

Dilansir Autoevolution, BMW menargetkan mobil listrik mereka ini nantinya dapat berjalan jauh. Bahkan mereka menargetkan bisa menjelajah hingga 700 kilometer dengan sekali pengisian baterai.

Sudah pasti target itu tidak terlepas dari pengembangan baterai. Kemudian sistem penggerak motor listrik akan menggabungkan motor listrik, transmisi, dan sistem pengatur elektronik bisa dalam satu kesatuan.

Selain mengembangkan kemampuan mobil listrik murni, pabrikan asal Jerman ini juga tidak lupa melakukan pengembangan untuk model plug-in hybrid. Jika plug-in hybrid saat ini bisa berjalan 30 kilometer dengan tenaga listriknya saja, BMW inginkan kedepannya bisa berjalan hingga 100 kilometer.

Pengembangan ini juga tidak terlepas dari perubahan desain baru di motor istrik dan juga desain baterai. Sehingga kinerjanya bisa lebih efisien dan hemat tenaga.

Tentu target BMW menjadi ancaman serius bagi kompetitornya. Sebut saja Nissan Leaf atau Chevrolet Bolt yang sama-sama berpenggerak sepenuhnya listrik.


(UDA)