Industri Otomotif

Aliansi Renault, Lampaui Capaian Volkswagen Group

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 05 Feb 2018 09:42 WIB
industri otomotif
Aliansi Renault, Lampaui Capaian Volkswagen Group
Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi terbesar secara global. Autoevolution

Tokyo: Beberapa waktu lalu kami sempat memaparkan data penjualan mobil secara global, yang dikuasai oleh Vokswagen. Kini setelah sebulan lebih berlalu, data penjualan global menyatakan bahwa ternyata bukan Volkswagen pabrikan yang menjual mobil paling banyak.

Adalah aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi yang berstatus pabrikan mobil terbesar. Total ada 10,74 juta unit mobil yang mereka jual, sementara Volkswagen 10,6 juta unit mobil.

Pada 2016 lalu, aliansi tersebut menjadi terbesar ketiga dengan penjualan 9,96 juta unit mobil. Setelah bergabungnya Mitsubishi, praktis aliansi tiga merek ini jadi yang terbesar.

Selain Renault, Nissan dan Mitsubishi, sejumlah merek yang tergabung didalamnya ada merek mobil asal Rumania, Dacia, lalu Renault Samsung yang memproduksi mobil di Korea Selatan, Alpine, mobil Rusia Lada, Infiniti, Venucia dan Datsun.

Capaian ini tak lepas dari apiknya penjualan tipe SUV mereka seperti Nissan Navara dan Renault Alaskan, dan mobil listriknya. 10 mereka pada aliansi ini secara total beroperasi di 200 negara.

Pertumbuhan Mitsubishi paling signifikan hingga 10 persen, diikuti Renault 8,5 persen dan Nissan 4,6 persen. Diprediksi aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi akan mencapai penjualan 14 juta mobil pada 2022.


(UDA)