Lalu Lintas

Pahami Fungsi Marka Rambu Kejut

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 21 Aug 2017 09:36 WIB
lalu lintas
Pahami Fungsi Marka Rambu Kejut
Road trapped yang ditempatkan di zona keramaian. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas, kepolisian dan instansi terkait telah mengantisipasi dengan memasang rambu dan marka jalan. Beberapa di antaranya memang terlihat sepele lantaran posisinya yang setiap hari dilalui. Seperti halnya marka kejut alias speed trapped.

Posisi penempatan marka trapped ini biasanya terdapat di zona bebas hambatan, di zona sebelum area penyeberangan dan beberapa zona lainnya. Fungsinya selain memberikan terapi kejut sekaligus peringatan ke pengendara, untuk mengurangi kecepatan.

Pemberian marka kejut di zona tertentu lantaran memacu kendaraan di jalan umum dengan kecepatan tinggi, merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Tidak hanya itu, adanya marka jalan ini juga berfungsi untuk memberikan tanda kepada pengguna jalan agar tetap sadar dan tdak mengantuk saat berkendara.

"Marka rambu kejut berfungsi untuk menterapi kesadaran dan konsentrasi pengguna jalan," ujar Kapolsek Bekasi Selatan, Kompol Bayu Pratama, saat berbincang dengan Metrotvnews.com, beberapa waktu lalu.

Selain kesadaran masyarakat untuk berkendara dengan aman dan tertib di jalan, adanya rambu-rambu dan marka jalan ini diharap dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas.


(UDA)