Mobil Baru

Compact Crossover Cakep dari Kia

Ekawan Raharja    •    Senin, 26 Jun 2017 14:15 WIB
kia
Compact Crossover <i>Cakep</i> dari Kia
Kia Stonic akan diluncurkan dalam Frankfurt International Auto Show 2017. kia/topgear

Metrotvnews.com: Sepertinya resmi sudah jagad otomotif punya 'spesies' baru setelah compact SUV, yaitu compact crossover. Perebutan pasarnya diperkirakan memanas tahun depan. Salah satu pemainnya adalah Kia Stonic.

Melihat desainnya, tidak keliru menyebut Stonic sebagai Rio jangkung. Kita memang mengembangkan Stonic dari hatchback citycar andalannya tersebut. Tampilan dibuat lebih maskulin dengan menambahkan overfender, permainan bodykit dan warna dual tone.

Di balik fasad tiger nose yang menjadi ciri khas Kia, terdapat mesin yang sedang nge-trend. Mesin tiga silinder berkapasitas 1.0 liter turbocharged. Bukan hanya efisien dalam konsumsi bahan bakar, juga nilai pajak tahunan yang harus Anda bayar.



Walau tongkrongannya agak berotot, jangan harap ada versi AWD atau 4WD. Kia cuma membekali Stonic dengan sistem penggerak dua roda depan. Seperti citycar pada umumnya, pilihan transmisinya adalah matic dan manual lima percepatan.

Mengincar pangsa pasarnya adalah keluarga muda dan millenialis artinya urusan car entertaiment harus update tapi nggak mahal-mahal banget. Perlengkapan standar yang Kia sematkan di headunit-nya sudah termasuk Apple CarPlay dan Android Auto.



Cara raksasa otomotif Korea itu melahirkan compact SUV meneladani Honda yang memberi seperangkat suspensi lebih tinggi dan memanjangkan atap Civic kemudian menamakannya CR-V. Sedangkan mesin turbo berkapasitas kecil dipelopori oleh EcoBoost yang merupakan sumber tenaga Ford Fiesta.

Di Indonesia segmen compact crossover ini masih diisi Suzuki Ignis yang membuat kejutan dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Baru diperkenalkan, Ignis yang didatangkan utuh dari India itu langsung banjir pesanan. Suzuki juga membuka crossover dengan SX4 pada 2006 yang merupakan proyek bersamanya dengan Fiat.

 


(LHE)