Recall Mobil

Mazda6 dan Mazda3 Recall Gara-Gara Kaliper Rem Rusak

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 03 Jul 2017 10:20 WIB
mazdarecall gm
Mazda6 dan Mazda3 <i>Recall</i> Gara-Gara Kaliper Rem Rusak
Mobil yang terkena dampak yaitu Mazda6 keluaran 2014-2015 dan Mazda3 keluaran 2014-2016. Autoguide

Metrotvnews.com: Mazda berencana melakukan penarikan atau recall 228.000 unit kendaraan di Amerika Serikat (AS). Penarikan ini disebut karena terkait dengan sistem pengereman mobil yang tidak berfungsi dengan baik.

Menurut keterangan yang ditemukan NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) bersama Mazda, sistem pengereman yang tidak berfungsi dengan baik akan mengurangi kinerja rem untuk menahan laju mobil. Bahkan bisa menyebabkan rem blong dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Dijelaskan, masalah ini disebabkan oleh air yang masuk ke kaliper rem, sehingga poros bisa menimbulkan korosi dan mengikat.

Akibatnya, rem parkir bisa macet pada posisi on atau gagal fungsi saat digunakan. Mobil yang terkena dampak yaitu Mazda6 keluaran 2014-2015 dan Mazda3 keluaran 2014-2016.

Untuk mengatasi masalah ini, Mazda bakal memeriksa rem belakang, dan jika porosnya terkorosi mereka akan mengganti kaliper. Jika tidak berkarat, boot akan diganti untuk menahan air.

Rencananya Mazda bakal mulai memberitahukan pemilik yang terkena dampak mulai 21 Agustus 2017. Namun semua unit yang di-recall ini adalah hasil produksi pabrikan Mazda di Kanada. Sementara produk yang beredar di Indonesia adalah mobil yang mereka impor utuh dari Jepang dan Thailand.

Meski tidak disebutkan berdampak untuk Mazda di Indonesia, tidak ada salahnya bagi pemilik yang modelnya disebutkan dapat melakukan pengecekan, agar lebih aman saat berkendara.


(UDA)