Safety Driving

Saatnya Siswa SMA Kampanye Safety Driving

Ekawan Raharja    •    Selasa, 04 Oct 2016 09:47 WIB
safety driving
Saatnya Siswa SMA Kampanye <i>Safety Driving</i>
Michelin Program Academy menyasar anak-anak remaja sebagai agen perubahan. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor di Indonesia selain memberikan efek positif, juga menghadirkan efek negatif seperti meningkatnya angka kecelakaan. Kondisi ini harus dicegah dengan melakukan beragam penyuluhan keselamatan berkendara. 

Beragam pihak sudah mulai menyelenggarakan kegiatan penyuluhan keselamatan berkendara ke berbagai lapisan masyarakat. Salah satu sasaran yang menjadi objek penyuluhan keselamatan berkendara adalah remaja.

"Anak muda adalah agen perubahan. Mereka punya semangat untuk perubahan yang lebih kuat dibandingkan seniornya," ujar Direktur Marketing Michelin Indonesia, Putu Yudha, Senin (3/10/2016) di LabSchool Rawamangun Jakarta.

Pada 2014, total kecelakaan mencapai 95.906 kejadian, terdapat 3.000 di antaranya merupakan anak korban 15-24 tahun. Bahkan dalam satu jam, ada 3-4 korban meninggal akibat kecelakaan di jalan.

Michelin Indonesia akhirnya membuat program Michelin Safety Academy di beberapa sekolah menengah atas (SMA) di Jakarta. Di program ini, para siswa diberikan pengetahuan tentang pentingnya keselamatan berkendara.

Tidak sekadar penyuluhan, pabrikan ban asal Perancis ini juga menantang para siswa untuk membuat program keselamatan berkendara versinya. Program kreasi mereka bertujuan untuk menyebarkan virus keselamatan berkendara kepada masyarakat yang lebih luas.

Program Michelin Safety Academy ini akan menyambangi SMA 78 Jakarta, SMA 92 Jakarta, SMA 112 Jakarta, dan SMA Pembangunan Jaya Bintaro. Sedangkan gelaran finalnya akan berlangsung di Sirkuit Gokart Sentul Bogor pada November mendatang.


(UDA)