Kejurnas Speed Offroad

Pertarungan Offroader Berlanjut di Sirkuit Paramount

   •    Minggu, 06 Nov 2016 08:00 WIB
balap mobil
Pertarungan <i>Offroader</i> Berlanjut di Sirkuit Paramount
Haji Sam berebut waktu terbaik. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: Pertarungan para offroader di Indonesia Open Championship X-Offroad Racing (IXOR) atau balap speed offroad, kembali berlangsung. Kali ini mereka kembali bertarung di Sirkuit Paramount Land, Tangerang Selatan, pada seri keempat.

Offroader ternama dari seluruh Indonesia pun ikut meramaikan event tersebut. Sebut saja Rifat Sungkar/Mariachi dari tim Pertamax Offroad, Haji Sam/Michael Mardonius dari tim JRT, TB Adhi/Boy Martadinata, Haji Gandi Hasstex/Robby BJB, dan beberapa lagi lainnya.

Mereka bakal bertarung ketat di kelas G1.1, G1.2, G2.1, G2.2, G3.1, G3.2, G4.1, G4.2, G4.3, G5.1, G5.2, G5.3, dan G5.4. Event yang berlangsung Sabtu-Minggu (5-6/11/2016) ini dipertandingkan kelas baru. Yaitu eksebisi sprint rally yang membuka 4 kelas utama. Yaitu sedan M20 (sedan 4WD, gearbox, turbo bebas), F20 (sedan FWD dengan kapasitas gearbox, mesin bebas, karbu, injection, turbo), R16 (sedan RWD 0-1600cc, karbu and injection) dan R20 (sedan RWD 1601cc up, karbu injection, turbo).

Sirkuit ini sudah berulang kali jadi penyelenggara kejurnas speed offroad. Seri kedua para peserta juga berlaga di sirkuit yang letaknya berada di lahan kosong tersebut. Tapi kali ini layout berubah dari konsep maupun desain. Mulai dari panjang, lebar, hingga jumping, ada penambahan panjang trek kurang lebih 750 m, yaitu setelah jumping jembatan.

"Tikungan berbentuk U, kini lebih besar, sisi/lajur luar dan dalam trek ada racing line, seperti pada trek balap Nascar. Selain itu juga ada chicken run letter S menuju flying finish sehingga akan membuat balapan berjalan semakin menarik dan dipastikan memberikan tantangan baru bagi semua offroader,” tambah General Manager Tourism & Community Paramount Land, Agus Suyanto.

Ketua IMI DKI Jakarta, A. Judiarto menyampaikan, bahwa ini adalah momentum untuk memupuk bibit-bibit offroader nasional yang masih belia. Sekaligus penyaluran kegiatan yang positif di kalangan anak muda. Pemilik lahan ini juga sudah memberikan dukungan untuk suksesnya IXOR 2016. Kami berharap offroader dapat tampil sportif dan safety first.”


(UDA)