Kegiatan Otomotif

IPOMI Edukasi Sopir Bus soal Keselamatan Berkendara

Ekawan Raharja    •    Sabtu, 26 Nov 2016 17:00 WIB
kegiatan otomotif
IPOMI Edukasi Sopir Bus soal Keselamatan Berkendara
IPOMI memberikan materi tentang pemahaman keselamatan berkendara kepada 70 supir bus. IPOMI

Metrotvnews.com, Klaten: Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) menggelar pelatihan karakter untuk pengemudi bus. Kegiatan ini bertujuan untuk menghapus anggapan miring bahwa bus merupakan mode transportasi yang tidak aman.

"Kami ingin membentuk pengemudi bus agar mereka bisa menyadari tugas pokok sebagai pengemudi yang melayani pelanggan. Kami tidak ingin mereka menjadi sopir yang menjadikan jalan raya sebagai ajang balapan," tegas pernyataan Ketua Umum IPOMI, Kurnia Lesani Adnan.

Kegiatan yang sudah berlangsung delapan kali tersebut dilakukan di Depo Pendidikan dan Latian Tempur (Dodiklatpur) Rindam IV Diponegoro, Klaten, mulai 21-24 November 2016. Kegiatan ini diikuti oleh 70 peserta dari 25 perusahaan otobus yang tersebar dari Medan hingga Bali.

Pada pelatihan kali ini, para peserta dibekali dengan materi penanganan kecelakaan, pengenalan karakter chassis bus, pengenalan wawasan bela negara, penanaman karakter pengemudi melalui metode hipnosis, hingga kegiatan fisik yang melatih kerja sama tim.

"Kami tidak sepakat naik bus tidak aman dan nyaman. Kami menjawabnya dengan pelatihan ini. Kami ingin memulai tradisi baru di antara pengusaha anggota IPOMI," ttup Kurnia.


(UDA)