Pemerintah Jepang Dapat Temuan Baru Data Palsu Mitsubishi

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 01 Sep 2016 15:16 WIB
mitsubishi
Pemerintah Jepang Dapat Temuan Baru Data Palsu Mitsubishi
Pemerintah Jepang mendapati kesalahan data konsumsi bbm Mitsubishi. Paultan

Metrotvnews.com: Kasus skandal data emisi Mitsubishi belum usai, timbul lagi masalah baru yang bakal membuat masalahnya semakin runyam. Ini terjadi lantaran pemerintah Jepang menemukan delapan model Mitsubishi yang hasil konsumsi bahan bakarnya tak sesuai dengan data yang diiklankan.

Dikutip dari Nikkei, kementerian transportasi Jepang akan meminta brand tiga berlian tersebut untuk memberikan data konsumsi bahan bakar yang sebenarnya. Sanksi berupa penarikan unit yang terdampak harus dilakukan, sampai merevisi data yang terdapat dalam brosur produk.

Selain itu, pemilik delapan model mobil yang terdampak kasus ini harus diberikan kompensasi berupa uang. Sayangnya tak disebutkan model apa saja yang terdampak pada kasus kali ini.

Sebelumnya pada April silam, Mitsubishi ketahuan memalsukan data emisi empat mobil mini (key car) rakitannya. Dua mobil tersebut merupakan produk yang juga hasil kerja sama dengan merek Nissan. Mereka pun mengalokasikan dana besar sebagai kompensasi kepada konsumen yang telah membeli mobil tersebut.

Akibat skandal ini, dua eksekutif Mitsubishi mundur termasuk sang presiden, Tetsuro Aikawa. Nissan yang sejatinya jadi korban, akhirnya membeli saham Mitsubishi sebesar 34 persen.


(UDA)