Nissan Tunda Pengiriman Serena Terbaru di Jepang

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 06 Sep 2016 15:11 WIB
nissan
Nissan Tunda Pengiriman Serena Terbaru di Jepang
Serena anyar sudah dilengkapi fitur otonom ProPILOT. Responsejp

Metrotvnews.com: Nissan dikabarkan harus menunda pengiriman model terbaru mobil segmen keluarga mereka, Serena. Mobil yang dikenalkan pertama kali 24 Agustus itu, tertunda pengirimannya karena masalah di salah satu fiturnya.

Dituliskan Responsejp, fitur idling stop mengalami kegagalan kinerja pada saat uji coba. Kejadian ini sudah dialami tiga kali selama proses tersebut. Permasalahannya mesin tidak mau dinyalakan saat pedal gas diinjak.

Fitur idling stop punya fungsi mematikan mesin pada saat mobil berhenti dalam waktu beberapa detik saja. Fitur ini bertujuan untuk menghemat penggunaan bahan bakar dan mesin akan aktif kembali saat pedal gas diinjak.

Buntut dari kejadian ini brand Jepang tersebut terpaksa menunda pengirimannya sampai investigasi untuk masalah ini berakhir. Nissan Serena terbaru ini memang punya banyak fitur baru, salah satunya idling stop tadi.

Selain itu fitur yang sangat menjual adalah ProPILOT yang dapat mengatur putaran kemudi, pedal akselerator hingga pengereman namun dalam jalan raya yang memiliki dua jalur berlawanan.

Sistem ini terdiri dari enam komponen utama. ECM mengatur kontrol gas. EPS yang mengatur kemudi. VDC untuk kontrol pengereman. Kamera depan di balik spion untuk membaca garis jalan dan kendaraan lain. Lalu ADAS ECU yang akan membaca pesan dari kamera depan lalu electric parking brake yang akan otomatis bekerja ketika mode otonom diaktifkan.


(UDA)