Balap Mobil

Rio SB Menangi 'Drama' OMR Honda Jazz 2017

Ekawan Raharja    •    Minggu, 26 Nov 2017 22:44 WIB
balap mobil
Rio SB Menangi 'Drama' OMR Honda Jazz 2017
Rio SB keluar sebagai juara umum HJSC 2017. Honda

Sentul: Drama benar-benar terjadi di putaran akhir Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) 2017. Perebutan tahta tertinggi untuk one make race tersebut akhirnya jatuh kepada Pembalap Honda Racing Indonesia yakni Rio SB.

Perebutan pembalap tercepat untuk Jazz sebenarnya terbilang sangat sengit antara Rio SB dan Fitra Eri dari Honda Bandung Center Racing Team. Hingga seri keenam atau putaran terakhir, kedua pembalap ini sama-sama mengumpulkan 72 poin. Hanya saja Rio SB terpilih juara karena lebih sering menginjak podium pertama dibandingkan Fitra Eri.

Hitungan poin HJSC 2017 berdasarkan overall.

Drama sesunggunya bukan terletak di aksi-aksi kedua pembalap tersebut di atas Sirkuit Internasional Sentul Bogor pada Minggu siang (26/11/2017). Cerita menarik tersaji ketika race director mengumumkan hasil perlombaan HJSC 2017.

Panitia mengumumkan sistem pemilihan poin berdasarkan overall start, atau menghitung berdasarkan jumlah pembalap yang melakukan start. Padahal di one make race Honda terbagi atas HJSC dan Honda Brio Speed Challenge (HBSC), yang mana setiap perlombaan terdiri atas kelas Master, Rising Star, dan Promotion.


Hitungan poin HJSC 2017 berdasarkan kelas.

Sedangkan selama ini para peserta, termasuk press release yang dibagikan kepada khalayak, menganut sistem penilaian berdasarkan kelas. Cara mudahnya, meski melakukan start dalam satu perlombaan bersama-sama, namun baik setiap kelas HJSC dan HBSC di hitung dalam poin yang berbeda.

Bila menghitung berdasarkan sistem kelas, Fitra Eri berhak menyandang sebagai juara umum HJSC 2017 dan Rio SB berada di peringkat kedua dengan nilai 72.


Namun drama tetaplah drama, terkadang menjadi bumbu yang membuat sebuah cerita balapan semakin seru. Palu sudah diketuk, dan selamat untuk Rio SB menjadi juara umum HJSC 2017.


(UDA)