Mobil Listrik

'Miss R' Pesaing Tesla Roadster dalam Hal Kecepatan

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 24 Nov 2017 10:24 WIB
mobil listrik
'Miss R' Pesaing Tesla Roadster dalam Hal Kecepatan
Xing Mobility bikin supercar listrik konsep yang dijuluki 'Miss R'. Autoguide

Taiwan: Xing Mobility mengklaim supercar listrik konsepnya yang dijuluki 'Miss R' sebagai yang tercepat di dunia. Xing Mobility juga mengklaim jika Miss R mampu mengalahkan kecepatan Roadster bertenaga listrik yang dibuat oleh Tesla.

Perusahan yang berbasis di Taipei, Taiwan itu mengatakan, Miss R bisa melesat dari nol sampai 100 km per jam dalam 1,8 detik, membuatnya sedikit lebih cepat dibanding Tesla Roadster yang menempuhnya dalam 1,9 detik.

Mobil konsep ini dilengkapi dengan empat independent 350V motors. Namun yang diklaim membuatnya istimewa adalah Sistem Baterai Xing yang terdiri dari modul baterai mirip LEGO yang menampung 42 sel lithium-ion. Semua sel tersebut duduk langsung dalam cairan misterius yang disebut 3M Novec 7200 Engineered Fluid.

"Penggunaan Novec Engineered Fluids untuk membenamkan baterai EV adalah aplikasi terobosan, yang menangani kebutuhan pasar dengan cara baru. 3M senang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan terdepan seperti Xing Mobility untuk memanfaatkan sifat unik dari Novec Engineered Fluids, dalam desain inovatif mereka, untuk memberikan keuntungan kinerja yang luar biasa bagi industri ini," kata bos pengembangan usaha pasar 3M, Michael Garceau, seperti dirilis Autoguide.

Xing mengatakan Miss R telah menjalani serangkaian tes awal, termasuk pengetesan drivetrain. Selanjutnya Xing bersiap untuk menguji mobil dengan kekuatan penuh, dan bakal memperkenalkan prototipe ini pada akhir tahun depan.

Xing berharap supercar bertenaga 1.341 daya kuda ini bisa menuju tahap produksi, dan dijadwalkan tersedia di pasar pada 2019, dengan banderol harga mulai dari USD1 juta atau sekitar Rp13,5 miliar. Produksi Miss R akan dibatasi hanya 20 unit.


(UDA)