Layanan Aftersales

Servis BMW i8 di Indonesia Hanya Bisa di BMW Serpong

Ekawan Raharja    •    Senin, 30 Oct 2017 11:02 WIB
bmw
Servis BMW i8 di Indonesia Hanya Bisa di BMW Serpong
Dealer BMW Serpong memang dikhususkan untuk Seri-i. BMW

Metrotvnews.com, Serpong: BMW i8 bisa dibilang mobil tercanggih yang dimiliki oleh BMW Group Indonesia karena menggunakan teknologi plug-in hybrid. Urusan servisnya pun tidak bisa sembarangan karena hanya bisa dilakukan di dealer BMW Serpong yang terletak di BSD City Tangerang Selatan.

Chief Executive Officer PT Astra International - BMW Sales Operation, Fredy Handjaja, menjelaskan dealer di Serpong merupakan dealer yang khusus dibangun untuk BMW Seri-i. Dealer ini sengaja dibangun mengingat BMW Indonesia sudah mulai memasarkan kendaraan listrik yang digolongkan Seri-i, yakni i8.

"Ini satu-satunya yang bisa servis BMW i8, dealer lain tidak bisa," ujar Fredy saat ditemui di dealer BMW Serpong.

Fredy menjelaskan dealer Serpong ini di bangun dengan investasi lebih dari Rp100 miliar. Di sini dilengkapi dengan mesin-mesin servis yang memang khusus digunakan untuk Seri-i. Belum lagi beberapa fasilitas khusus yang disediakan untuk memanjakan para pengguna Seri-i seperti alat charger listrik hingga body repair khusus.

"Ada i-corner, ada i-Performance, peralatan berbeda, kemudian ada ruangan khusus perbaikan body yang ruangnnya harus dingin di bawah 15 derajat."

Membahas teknisi yang menangani Seri-i juga berbeda. Terdapat dua teknisi terbaik BMW yang sudah memiliki kemampuan untuk menangani Seri-i. Teknisi konvensional tidak bisa karena mobil listrik, jadi harus training khusus. Kita lihat mekanik yang kemampuannya baik, kita kirim ke Jerman selama enam bulan untuk pelatihan khusus mobil listrik," tambah Fredy.

BMW Indonesia juga tidak memiliki masalah dengan lokasinya yang terbilang di luar Kota Jakarta. Mengingat fasilitas yang ditawarkan dan prospek area BSD City yang terus berkembang, membuat mereka yakin membuka dealer dan bengkel khusus Seri-i di area satelit Kota Jakarta itu.

"Kalau konsumen, khususnya BMW i, memang tersebar. Konsumen ada dimana-mana tetapi semua servis ke sini," tutupnya sambil tersenyum.

i8 bisa dibilang sebagai lini produk tercanggih dan termahal yang dipasarkan oleh BMW Indonesia dengan banderol mencapai Rp3,5 miliar (off the road). Sebagai perbandingan saja, BMW Seri-7 dipasarkan di Indonesia dengan harga di kisaran Rp2,199 miliar (off the road).


(UDA)