Mobil Baru

Ini Alasan ASEAN NCAP Kasih Rating 1 Bintang buat Wuling Confero

Ekawan Raharja    •    Kamis, 06 Dec 2018 10:46 WIB
mobil baruwuling motors
Ini Alasan ASEAN NCAP Kasih Rating 1 Bintang buat Wuling Confero
Wuling Confero standar hanya mendapatkan 1 bintang dari ASEAN NCAP. Wuling Motors

Malaysia: Wuling Confero yang ada di Indonesia hanya mendapatkan satu bintang dari ASEAN NCAP (New Car Assessment Programme). Kini lembaga pengetesan fitur keselamatan mobil-mobil di ASEAN ini juga sudah membuka detail penilaian mereka.

Secara keseluruhan ASEAN NCAP memberikan nilai 20.33 untuk perlindungan penumpang dewasa, nilai 11,05 untuk penumpang anak-anak, dan nilai 5,56 untuk bantuan fitur keselamatan. Hal ini membuat Confero entry level atau varian paling bawah, hanya mendapatkan satu bintang.

Jika dirinci perlindungan untuk penumpang depan, uji tabrak dari depan dan perlindungan kepala masing-masing mendapatkan nilai 0. Sedangkan uji tabrak samping mendapatkan nilai 14,64. Hal ini tidak terlepas karena tidak adanya airbag di varian yang digunakan. Perlindungan diberikan dari penggunaan sabuk pengaman untuk penumpang depan dan pengemudi.

Kemudian untuk uji tabrak penumpang anak-anak, menggunakan dummy Q1.5 dan Q3. Hasil dari dummy Q1,5 menunjukan nilai untuk uji tabrak dari depan dinilai 7.52, kemudian uji tabrak samping mendapatkan nilai 4, dan totalnya 11,52. Beralih dengan dummy Q3 menunjukan nilai untuk uji tabrak dari depan dinilai 2,60, kemudian uji tabrak samping mendapatkan nilai 4, dan totalnya 6,60.



Kecilnya nilai fitur keselamatan juga tidak terlepas dari sedikitnya fitur-fitur yang terkait dengan keselamatan di mobil rakitan Karawang Jawa Barat ini. Tercatat mobil ini hanya dilengkapi dengan anti-lock braking system, serta sabuk pengaman untuk penumpang depan dan pengemudi.

Brand Manager PT SGMW Motor Indonesia, Dian Asmahani, menjelaskan kalau Confero yang digunakan merupakan varian standar alias varian entry level. Diakuinya juga kalau varian ini juga sudah sesuai dengan standar regulasi pemerintah.

"Pengujian yang dilakukan memakai confero yang standard (varian terbawah) yang sebenernya sudah sesuai dengan regulasi pemerintah Indonesia. Mengenai fitur keselamatannya sudah dilengkapi dengan auto door lock by speed, ISOFIX, safety child lock, dan seatbelt reminder," jawab Dian melalui pesan singkatnya kepada Medcom.id beberapa waktu lalu.


(UDA)