Perlengkapan Berkendara

Beda Helm untuk Balap Mobil dan Motor

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 17 Nov 2018 10:27 WIB
perlengkapan berkendara
Beda Helm untuk Balap Mobil dan Motor
Pilih helm sesuai fungsi dan penggunaan. Speedhunters

Jakarta: Pembalap motor dan mobil wajib dilengkapi helm sebagai standar keselamatan. Sekilas memang tidak tampak perbedaan antara helm untuk pembalap motor dan pembalap mobil. Namun faktanya jika ditelisik lebih detail, terdapat banyak perbedaan antara helm yang digunakan untuk pembalap motor dan mobil, baik dari bentuk maupun fungsinya.

“Pada dasarnya helm untuk mobil dan motor berbeda, dan perbedaan itu sudah dari awal proses pembuatan serta pengetesan,” beber Presiden Direktur Cargloss Proriders, Harry Suherman di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Harry menerangkan, perbedaan lainnya bisa dilihat dari posisi mengemudi. Posisi pengemudi sepeda motor agak membungkuk ke depan, untuk itu helm pembalap sepeda motor di bagian depan berada di atas kening. "Helm ini didesain lebih kuat dan keras. Desain visor untuk pembalap motor juga lebih lebar untuk memperluas pandangan."

Sedangkan untuk helm yang digunakan pembalap mobil, di bagian atas kepala lebih keras dan visor lebih kecil. Selain itu bahan bagian dalam helm terbuat dari bahan anti api.

“Helm untuk pembalap mobil bagian dalamnya terbuat dari bahan anti api, karena hal yang paling dikhawatirkan dari kecelakaan mobil adalah jika terjadi kebakaran dan sang pengemudi terjebak di dalam mobil,” terang Harry.

Penggunaan, fungsi serta kualitas helm balap dan helm yang dipakai harian untuk sepeda motor pasti berbeda. Tetapi ini bisa menjadi gambaran bagi kita dalam memilih helm yang sesuai dengan fungsi dan kegunaan, terutama bagi para bikers yang bisa memilih desain visor yang lebih lebar agar nyaman dan pandanagan lebih luas saat berkendara.


(UDA)