Industri Otomotif

Perusahaan Pembiayaan Ikut Genjot Penjualan Mobil

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 25 Jul 2018 07:40 WIB
industri otomotif
Perusahaan Pembiayaan Ikut Genjot Penjualan Mobil
PT Astra Internasional jadi sponsor utama dalam GIIAS 2018. Dok. MTVN

Jakarta: Saat ini kepemilikan mobil secara kredit banyak dipilih konsumen. Bahkan pembelian mobil secara kredit sudah menjadi tren di kalangan masyarakat. Sehingga tak heran semakin banyak bank atau lembaga pembiayaan kredit yang menawarkan kemudahan untuk mengajukan kredit pembelian mobil baru/bekas.

Namun, sederet pilihan lembaga pembiayaan ternyata membuat konsumen bingung dalam menentukan pilhan yang terbaik. Terutama saat mengajukan proses kredit mobilnya. 
Sebagai lembaga pembiayaan, bank maupun leasing memiliki peran yang sama, yaitu menyediakan dana talangan untuk membayarkan sebagian dari harga mobil yang Anda beli. 

Kemudian konsumen membayar kepada lembaga tersebut dengan cara dicicil setiap bulan termasuk bunga. Peraturan Bank Indonesia yang tercantum dalam Surat Edaran Ekstern Nomor 14/10/DPNP menetapkan uang muka minimal 30 persen untuk pembelian kendaraan bermotor roda empat nonproduktif. 

Berikut kelebihan dan kekurangan bank atau leasing sebagai lembaga pembiayaan yang memberikan dana talangan pembelian mobil Anda secara kredit.

Melalui Bank
Keuntungan mengajukan kredit mobil melalui bank adalah suku bunga lebih rendah dibanding leasing. Ini bisa dijadikan solusi bagi konsumen yang ingin mendapatkan DP dan angsuran bulanan yang lebih ringan.

Namun proses pengajuan hingga kredit mobil Anda disetujui tak semudah di leasing. Selain butuh proses lama, kelengkapan dokumen/persyaratan wajib dipenuhi. Karena bank akan lebih selektif untuk menentukan serta menjamin pembeli mampu membayar cicilan dan DP. Termasuk harus lolos BI checking untuk melihat histori riwayat kredit seorang nasabah.

Melalui Leasing
Meski menawarkan suku bunga yang lebih tinggi dari bank, proses mengajukan kredit mobil melalui leasing terbilang lebih mudah dan cepat. Selain itu, ada biaya lain yang harus Anda tanggung seperti fidusia, asuransi dan provisi. 

Pihak leasing mewajibkan konsumen untuk mengasuransikan mobilnya. Hal ini untuk menghindari risiko kehilangan atau rusak karena kecelakaan. Jenis asuransi kredit mobil yang ditawarkan hanya ada dua jenis yaitu all risk dan total lost only (TLO). 

Anda bisa memilih salah satu produk asuransi tersebut. Tentunya yang bisa sesuai dengan kebutuhan dan kocek kantong Anda. 

"Di pameran otomotif awal Agustus mendatang, kami akan menyesuaikan dengan masing-masing merek. Saat ini belum ada angka spesifiknya. Jelas di sana ada perkenalan mobil baru, kami sebagai lembaga keuangan juga memperkenalkan kepada masyarakat," kata Direktur PT Astra Internasional dan Director in Charge Astra Financial, Suparno Djasmin di Press Conference Astra Financial GIIAS 2018, di Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Perilaku ini tidak hanya dilakukan oleh Astra Financial saja, namun juga leasing lain yang memang punya kerja sama dengan brand atau merek tertentu. Langkah ini biasanya ditempuh agar konsumen semakin mudah memiliki unit kendaraan yang mereka inginkan.


(UDA)