Regulasi Otomotif

Uji Kir, Bakal Wajib Buat Mobil Pribadi

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 24 May 2017 10:25 WIB
regulasi otomotif
Uji Kir, Bakal Wajib Buat Mobil Pribadi
Proses pengujian berkala kendaraan umum di fasilitas uji Kir milik Hino. HMSI

Metrotvnews.com, Jakarta: Uji kir kendaraan pribadi dinilai penting untuk keselamatan berkendara, untuk itu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal mewajibkan uji berkala atau Kir untuk kendaraan pribadi.
 
"Kendaraan pribadi nantinya diharuskan uji kir, semua angkutan umum dan pribadi yang menggunakan fasilitas publik harus uji Kir, segera 3-4 bulan ke depan kita akan laksanakan bersamaan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai peresmian uji kendaraan berkala oleh Agen Pemegang Merek (APM) di Jakarta, Senin (22/5/2017).

Terkait uji Kir angkutan umum, Kemenhub berkerja sama dengan Gaikindo untuk menunjuk APM sebagai pihak swasta yang membuka gerai uji Kir. Kedepannya ada 110 gerai di seluruh Indonesia, dan 43 di anataranya di Jabodetabek.

Untuk 3 bulan pertama, uji kir di APM swasta dilakukan gratis. Namun, tarif selanjutnya sama dengan balai uji kir pemerintah. “Ya kalau mobilnya tidak bermasalah kita tidak akan servis, paling hanya untuk jasa saja,” kata Ketua Umum Gaikindo, Yohanes Nangoi.

Direktur Sarana Kementerian Perhubungan Eddy Gunawan mengatakan, meskipun aturan dalam Undang-Undang masih difokuskan bagi kendaraan wajib uji seperti mobil penumpang umum, bus, truk, dan kendaraan sejenisnya, kendaraan pribadi yang disewakan tetap diwajibkan untuk melakukan uji Kir. 

Meski belum ada aturan yang jelas mengenai uji Kir berkala untuk kendaraan pribadi, pemerintah bakal mewajibkan aturan diberlakukan. Namun ada baiknya jika aturan tersebut terlebih disediakan payung hukumnya. 

Nyatanya, aturan uji Kir bagi angkutan umum yang sudah jelas ada buat angkutan umum masih saja dilanggar, dan tentunya dibutuhkan sosialisasi dan komunikasi pengujian Kir baik kepada para operator maupun masyarakat.

Yang terpenting lagi adalah menumbuhkan kesadaran kepada semua pihak, bahwa uji berkala atau Kir merupakan salah satu cara untuk menjaga keselamatan berkendara.


(UDA)