Uji Tabrak

Suzuki Swift Baru, Kini Dilengkapi Fitur Safety Terbaik

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 02 Jun 2017 11:07 WIB
suzuki mobil
Suzuki Swift Baru, Kini Dilengkapi Fitur <i>Safety</i> Terbaik
Suzuki Swift 2017 belum akan hadir untuk pasar Indonesia. Suzuki

Metrotvnews.com: Tak seperti di Indonesia, Suzuki Swift di Eropa sudah mendapatkan versi terbarunya. Mobil hacthback ini sudah hadir sejak akhir tahun lalu. Dan baru-baru ini mobil tersebut sudah menjalani uji tabrak, yang menunjukkan hasil cukup memuaskan.

Uji tabrak yang dilakukan Euro NCAP tersebut, menunjukkan mobil ini mampu meraih empat bintang rating keselamatan. Tapi capaian ini diraih varian yang dilengkapi fitur radar brake support, sedangkan tanpa fitur itu hanya mendapat tiga bintang.

Perbedaan penilaian rating keselamatan ini memang dipengaruhhi fitur yang membantu pengemudi, seperti AEB (autonomous emergency braking) ini. Pada model tanpa AEB, poin yang mampu diraih hanya 25 persen saja.

Aspek lainnya, perlindungan mobil ini terhadap penumpang dewasa sangat bagus. Fitur AEB mendapat poin 88 persen, tanpa AEB hanya 83 persen. Swift baru ini juga mampu mendapat skor 75 persen untuk perlindungan penumpang anak dan 69 persen pada uji tabrak pejalan kaki.

"Euro NCAP mulai memberikan poin lebih dengan AEB sejak tahun lalu, dan kami melihat manfaatnya. Kami harap teknologi ini kelak akan mampu mendeteksi pesepeda, dan akan menjadi aspek penilaian kami pada uji tabrak tahun depan," papar Sekretaris Jenderal Euro NCAP, Michiel van Ratingen.

Swift terbaru memang belum hadir untuk pasar Indonesia. Kemungkinan produk ini akan dirakit lokal oleh Suzuki Indonesia, atau didatangkan utuh dari pabrik mereka di India.


(UDA)