Peristiwa Unik

Lego Porsche Ikuti Uji Tabrak, Bagaimana Hasilnya?

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 28 May 2017 17:48 WIB
porsche
Lego Porsche Ikuti Uji Tabrak, Bagaimana Hasilnya?
Meski hanya mainan, uji tabraknya digarap serius. Jalopnik

Metrotvnews.com: Uji tabrak kerap dilakukan untuk mobil keluaran terbaru, baik yang dilakukan secara internal pabrikan pembuatnya, atau juga dilakukan lembaga independen seperti NHTSA atau NCAP. Uji tabrak ini untuk mengukur sejauh mana kemampuan mobil melindungi penumpangnya saat terjadi kecelakaan.

Namun apa jadinya jika mainan Lego Porsche justru mengikuti uji tabrak? Adalah ADAC, sebuah lembaga yang iseng melakukan uji tabrak pada seri Lego Technic Porsche 911 GT3 RS. Mainan ini senilai 300 dollar, atau senilai Rp3,9 jutaan.

Mainan Lego yang perakitannya tanpa ada perekat khusus ini terdiri lebih dari 2.700 bagian. Uji tabrak dilakukan di ADAC Technikzentrum, yang spesial dibuat untuk menguji tabrak mobil skala kecil macam mainan ini.

Dengan laju kecepatan mobil mainan sekitar 45 kilometer per jam, mobil pun ditabrakkan pada sebuah benda solid secara frontal di bagian depan. Uniknya, hasil uji tabrak cukup bagus untuk ukuran mobil Lego.

"Hasilnya mengejutkan dan di luar dugaan. Sasis mobil tak ada masalah pada kecepatan tinggi. Koneksi antar komponen pada mainan ini cukup bagus," tulis pernyataan ADAC mengenai hasil uji tabrak.

Keuntungan lainnya, mobil mainan ini meski rusak masih bisa dibangun kembali. Lebih hemat ketimbang mainan berbahan metal yang jika penyok, maka akan sulit diperbaiki.


(UDA)