Teknologi Otomotif

Civic Type R Hanya Transmisi Manual, ini Alasan Honda

Ekawan Raharja    •    Kamis, 06 Jul 2017 18:39 WIB
honda mobil
Civic Type R Hanya Transmisi Manual, ini Alasan Honda
Honda beralasan memberikan transmisi otomatis di Civc Type R akan membuat mobilnya semakin berat dan mengurangi sensasi mengemudi.

Metrotvnews.com: Honda Civic Type R merupakan salah satu mobil terbaik dan terkencang yang pernah diciptakan oleh pabrikan asal Jepang tersebut. Namun satu hal yang unik di tengah kecanggihan yang diusung Civic Type R, Honda hanya membekali transmisi manual untuk mobil bergaya hatchback tersebut.

Alasannya ternyata sederhana, karena mesin yang diusung oleh Civic Type R sudah berat dan bertenaga. Sehingga diperlukan gearbox yang sederhana dan juga ringan.

Mobil ini mengusung mesin K20C1 Turbo I4 2.000 cc VTEC Turbocharger yang dikombinasikan Earth Drams Technology. Hentakan tenaganya mencapai 305 daya kuda dengan torsi 400 Nm. Sedangkan akselerasi 0-100 kilometeer per jam (kpj) bisa menyentuh 5,2 detik, dengan kecepatan maksimal 269 kpj.

"Kami hanya memproduksi transmisi 6-percepatan manual saja untuk Type R, karena tenaga yang disalurkan mencapai 400 Nm dan tenaga sekitar 305 daya kuda," ujar Assistant Large Project Leader Civic 10th Generation, Yuji Matsumochi, seperti dikutip dari Carscoops.

Yuji menjelaskan lebih lanjut Civic Type R membutuhkan transmisi yang ringan karena mobil ini berpenggerak roda depan. Jika mesin ber-torsi 400 Nm di kombinasikan dengan transmisi otomatsi atau dual-clutch maka akan sangat berat bobotnya dan besar. Sehingga bobot mobil takkan presisi, terutama di bagian depan.

Perlu diingat juga bahwa kecenderungan mobil-mobil di segmen hatchback berperfoma tinggi, kini sudah berpindah ke penggerak all-wheel drive dengan transmisi otomatis. Hanya beberapa mobil saja, seperti Ford Focus RS dan Volkswagen Golf R, yang mempertahankan penggerak roda depan dan dikombikasikan dengan tongkat perseneling.

Tentu Honda melihat dengan sudut pandang tertentu sehingga masih mempertahankan roda penggerak depan dengan transmisi manual. Bisa jadi ini bagian dari strategi pemasaran Civic Type R dengan menawarkan sensasi mengemudi dengan mobil-mobil sejenisnya.


(UDA)