Mobil Terbakar

Arus Pendek Powerbank, Bukan Penyebab Brio Ini Terbakar

Ahmad Garuda    •    Senin, 04 Sep 2017 07:28 WIB
mobil terbakar
Arus Pendek Powerbank, Bukan Penyebab Brio Ini Terbakar
Honda Brio yang terbakar, bukan karena arus pendek di powerbank. Istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: Honda Brio terbakar yang terjadi di kompleks perumahan RiverTown Grand Wisata, Bekasi, Jawa Barat pada Jumat (1/9/2017) lalu, beredar banyak kabar yang tidak benar. Awal mula dikatakan tentang mobil tersebut terbakar karena ada arus pendek powerbank yang masih tercolok ke lighter.

Namun suami sang pemilik mobil yaitu Doddy Matin Julfadhli menyatakan bahwa isu itu tidak benar adanya. Ia mengaku bahwa tidak ada powerbank di dalam mobil dan Ia juga tak tahu dari mana informasi tak benar itu beredar luas di media sosial.

"Kebakaran yang katanya diakibatkan powerbank itu tidak benar adanya. Kami  bahkan tidak punya powerbank di mobil itu. Makanya saya heran dari mana informasi itu beredar. Tidak mungkin juga saat mengeluarkan mobil dari rumah dalam kondisi terbakar itu, warga sempat-sempatnya untuk melihat ada powerbank di dalam mobil," ujar Doddy.

Ia juga menegaskan bahwa tidak ada hal aneh yang Ia lakukan sebelum memarkirkan dan meninggalkan citycar tersebut. Semuanya berlangsung seperti rutinitas hariannya. Namun Ia belum memaparkan jika melakukan modifikasi sistem kelistrikan di mobilnya. Mengingat hal ini juga bisa jadi penyebab munculnya arus pendek.

Namun Doddy mengakui bahwa Ia sudah menghubungi pihak kepolisian untuk melakukan investigasi penyebab terbakarnya mobil tersebut. Bahkan Ia juga sudah mengabarkan pihak Honda untuk melakukan investigasi serupa.

Di sisi lain, ada pernyataan tentang melakukan modifikasi sistem kelistrikan ternyata cukup membahayakan jika instalasinya dilakukan dengan asal. Jika memang benar demikian, maka ini harusnya menjadi hal yang patut diwaspadai saat ingin melakukan modifikasi sistem kelistrikan di mobil.


(UDA)