Mobil Baru

Jaguar Mulai Produksi SUV Listrik

Ekawan Raharja    •    Senin, 19 Jun 2017 10:20 WIB
jaguar
Jaguar Mulai Produksi SUV Listrik
Jaguar I-Pace Concept sudah pernah diperkenalkan di Los Angeles Auto Show 2016. Jaguar

Metrotvnews.com: Jaguar I-Pace Concept merupakan sport utility vehicle (SUV) yang menggunakan tenaga listrik. Bagi peminat mobil konsep ini harap bersabar karena sebentar lagi akan resmi meluncur di jalanan.

Pabrikan yang didirikan oleh William Lyons saat ini sudah memulai produksi I-Pace. Bahkan di tahun ini juga, negara-negara Eropa akan mendapatkan jatah pertama untuk memasarkan si Jaguar ramah lingkungan tersebut.

F-Pace edisi listrik ini bakal di produksi di pabrik rekanan Jaguar, Magna Steyr, di Austria. Rencananya I-Pace versi produksi akan diperkenalkan pertama kali di Frankfurt Motor Show 2017 yang berlangsung pada September mendatang.

"Kami ikut terlibat di pengembembangan awal time frame dan menunjukan bagaimana proses dan kegiatan manufacturing milik kami," ujar Magna Steyr’s President of Vehicle Technology and Engineering, Karl-Friedrich Stracke, seperti dikutip di Motor1.

Setelah Eropa, giliran Amerika Serikat akan akan mendapatkan jatah I-Pace. Masyarakat di Negeri Paman Sam bisa mencicipi I-Pace pada semester dua 2018.

Menilik spesifikasinya, I-Pace akan dibekali dengan baterai ion-lithium 90 kWh yang membuat jarak tempuhnya mencapai 354 kilometer. Baterai dapat terisi 80 persen dengan waktu 90 menit menggunakan alat pengisian daya 50 kW berarus DC.

Namun jangan anggap motor listrik ini hanya sekedar menjadi pemanis saja. Tenaga yang dihasilkan sangat galak, mencapai 400 daya kuda dengan torsi hingga 700 Nm.

Tentu saja tidak menutup kemungkinan Indonesia juga akan mendapatkan jatah mobil ini. Hanya saja kedatangannya mungkin akan cukup lama, mengingat Eropa dan Amerika Serikat yang mendapatkan prioritas penjualan I-Pace.


(UDA)