Mobil Baru

Mini Cooper S 163 dk, Beredar di Belgia

Rifki Rahman    •    Kamis, 20 Jul 2017 08:09 WIB
mini
Mini Cooper S 163 dk, Beredar di Belgia
Mini kurangi tenaga Cooper S ini untuk mengikuti regulasi standar tenaga mobil di Eropa untuk mengakali pajak.

Metrotvnews.com: Beberapa tahun lalu, Mini menjadi sorotan setelah mereka memutuskan melakukan peningkatan kapasitas mesin Cooper dari 1,6 liter menjadi 2,0 liter. Juga menaikkan performa mesin dari 184 daya kuda di R56 menjadi 192 dk di F56.

Namun baru-baru ini ada Cooper S dengan tenaga 163 daya kuda terjual di Belgia dan ini adalah output baru dari pendahulunya dengan versi Mk1. Tentu cukup mengherankan lantaran tenaga jadi turun. Padahal kehadiran sisten supercharger di bongkahan mesinnya harusnya cukup untuk membantu mendongkrak tenaga jadi lebih besar.

Pihak Porsche menerangkan penurunan tenaga ini disebabkan oleh pajak negara. Di beberapa negara menetapkan pajak dalam tolak ukur tenaga kendaraan. Hal ini juga yang menjadi point Cooper S karena semakin banyak tenaga mesin, makin banyak uang yang harus dikeluarkan untuk pajak.

Kebetulan 163 tenaga kuda adalah ukuran tenaga yang umum ditetapkan produsen mobil Eropa seperti Golf GTI dan BMW 320d yang rumornya adalah generasi penerus dari 381d. Kemudian Golf 8 2.0 yang akan memproduksi mesin bertenaga 163 daya kuda.

Uniknya, di Belgia Mini Cooper S memiliki kasta yang sama dengan produsen mobil yang lebih besar kapasitas mesin dan tenaganya. Sebuah trik yang unik untuk menembus pasar suatu negara dan sedikit membuat panas persaingan bisnis di sana.


(UDA)