Ada Masa Dispensasi untuk Penerapan Euro4

Dheri Agriesta    •    Jumat, 21 Jul 2017 21:02 WIB
uji emisipolusi udaraemisi kendaraan
Ada Masa Dispensasi untuk Penerapan Euro4
foto: ilustrasi/saigonford

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah sepakat memberikan masa dispensasi kepada pelaku industri otomotif menerapkan aturan emisi Euro4. Periode dispensasi berupa tambahan enam bulan terhadap tenggang waku 18 bulan pemerintah berikan agar produsen bisa melakukan persiapan teknis.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan, sebelumnya pemerintah meminta pelaku industri harus siap dalam waktu satu setengah tahun. Tapi bagi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) setidaknya membutuhkan waktu dua tahun.

"Mintanya dua tahun, karena kalau satu setengah tahun nanti pelayanan uji emisi dan lainnya sulit," kata Siti usai pertemuan di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat 21 Juli 2017.

Direktorat jenderal dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, akan bertemu untuk membahas hal ini. Surat edaran bersama untuk beberapa kendaraan tertentu akan dikeluarkan.

Dispensasi ini tak diberikan ke sembarang kendaraan. "Misalnya Grand Max, Livina, Datsun Go, Mitshubisi pick-up, Suzuki APV dan Suzuki Carry. Jadi itu yang kita kasih dispensasi rentangnya dua tahun," kata dia.

Ketua GAIKINDO Yohannes Nangoi senang dengan keputusan pemerintah memberi tenggang waktu penerapan aturan emisi Euro4. Aturan ini sedianya akan mulai efektif pada September 2018.

"Kami menyambut baik dan gembira hal ini, kami juga menyampaikan bahwa masih ada kendala kecil yang ingin kami sampaikan supaya industri tidak terganggu," ujarnya.

Masa tenggang akan dimanfaatkan melakukan penyesuaian teknis terhadap mobil baru berbahan bakar bensin yang akan dan sedang dalam tahap produksi. Karena saat ini mobil yang diproduksi di Indonesia memiliki kandungan lokal yang tinggi, butuh waktu lebih agar pemasok bisa melakukan penyesuaian.

"Kami membawa ini ke 24 bulan dan tadi dibicarakan Pak Wapres dan Bu Menteri LHK. Dinyatakan tambahan 6 bulan (dari sisa waktu 18 bulan -red) untuk mobil tertentu dan disetujui. Jadi ada dispensasi nanti," jelas Yohannes.

Euro4 adalah standart ambang batas gas buang kendaraan bermotor. Tujuan penerapannya adalah menekan pencemaran udara akibat gas buang kendaraan bermotor. Penerapannya perlu partsipasi produsen kendaraan bermotor melalui rekayasa teknis dan penyedia bahan bakar dengan kadar timbal yang rendah.

Standart ketat tersebut pertamakali diberlakukan di wilayah Uni Eropa pada 1 Juli 1992. Sejak itu ambang batas emisi gas buang diperketat secara bertahap dan kini sudah Euro6 yang rencananya akan berlaku per 2012 mendatang.

 


(LHE)