Teknologi Otomotif

Audi Riset Sunroof Penghasil tenaga Listrik

Ekawan Raharja    •    Kamis, 24 Aug 2017 17:35 WIB
teknologi otomotifaudi
Audi Riset <i>Sunroof</i> Penghasil tenaga Listrik
Audi bersama perusahaan asal Tiongkok sedang mengembangkan teknologi sunroof canggih. MTVN/Ekawan

Metrotvnews.com: Hampir seluruh pabrikan, termasuk Audi, terus mengembangkan mobil-mobil yang ramah lingkungan. Agar bisa mencapai kendaraan yang nol emisi, mereka memanfaatkan berbagai sumber energi alternatif untuk mengurangi kerja pembakaran minyak bumi.

Bahkan baru-baru ini pabrikan asal Jerman tersebut mulai melakukan pemanfaatan energi panas matahari untuk olah menjadi energi baru. Untuk itu mereka sedang mengembangkan panel surya sebagai sunroof.

Nantinya sunroof ini bisa menghasilkan energi listrik dan menjadi tenaga tambahan selain motor listrik yang ada. Jika melihat peruntukannya, pabrikan berlogo empat cincin berkait ini bakal memasang sunroof solar panel ini di mobil listriknya.

Menurut reuters, Audi mengembangkan sunroof canggih ini dengan menggandeng Hanergy Thin Film Power Group. Mereka merupakan perusahaan asal Tiongkok yang bergerak di bidang energi.

Sayangnya kedua perusahaan besar ini enggan membocorkan berapa nilai kerja sama yang mereka lakukan. Tetapi anak perusahaan Volkswagen Group ini berjanji prototipe sunroof canggih ini mulai di produksi akhir 2017.

Tentu kehadiran sunroof ini bakal menambah daya tenaga mobil atau minimal bisa menjadi alternatif untuk mengisi baterai yang ada di dalam mobil. Sehingga tujuan nol emisi bisa tercapai sesegera mungkin.


(UDA)