Teknologi Otomotif

Transmisi Manual Baru Toyota, Bisa Koreksi Salah Masuk Gigi

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 08 Aug 2017 12:38 WIB
toyota
Transmisi Manual Baru Toyota, Bisa Koreksi Salah Masuk Gigi
Paten transmisi manual terbaru dari Toyota. Motor1

Metrotvnews.com: Ketika industri otomotif global terhipnotis mengembangkan sistem transmisi otomatis, semi otomatis bahkan triptonik, Toyota masih terus mengembangkan transmisi manual. Desain transmisi manual terbarunya ini pun sudah dipatenkan.

Dalam desain yang dipatenkan, transmisi ini memiliki electronic control unit (ECU) yang bisa mengoperasikan kopling dan gearbox secara tepat. Namun mobil juga tetap dilengkapi tiga pedal, seperti halnya mobil manual biasa.

ECU secara otomatis akan bekerja dengan melepaskan kopling ketika mobil meluncur (melaju). Tapi komponen ini juga bisa mengoperasikan gearbox untuk mengoreksi pengguna ketika salah memasukkan gigi terlalu rendah atau terlalu tinggi menyesuaikan dengan kecepatan.

Ini berarti transmisi manual canggih ini tak cocok untuk penghobi ngebut yang kerap melakukan downshift secara cepat dan menghasilkan letupan knalpot, atau mengoreksi pengemudi pemula yang kerap salah memasukkan gigi saat mulai mobil bergerak pertama kalinya.

Transmisi manual ini juga diperkirakan bisa meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar, karena saat mobil sedang melaju, putaran mesin akan ada di posisi idle. Ini juga memperpanjang umur kampas kopling.

Dalam patennya tak dijelaskan secara spesifik cara kerja sistem tersebut. Namun rasanya akan aneh jika melaju di jalan datar dan kopling otomatis netral. Maka kecepatan mobil lama-lama akan berkurang, dan harus menginjak pedal gas lagi untuk mencapai kecepatan sebelumnya.


(UDA)