Mobil Listrik

Baojun E100 Kembaran Smart ForTwo Electric

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 09 Aug 2017 08:11 WIB
mobil listrik
Baojun E100 Kembaran Smart ForTwo Electric
Baojun E100. Carscoops

Metrotvnews.com: Kekhawatiran dunia internasional terhadap pencemaran lingkungan yang diakibatkan emisi gas buang kendaraan bermotor, dijawab oleh produsen otomotif dunia dengan menciptakan mobil listrik. Solusi ini ditempuh karena memang cukup efisien dan ramah lingkungan.

Seperti yang dilakukan perusahaan patungan asal Tiongkok, General Motors SAIC - GM - Wuling yang telah memperkenalkan mobil listrik baru bernama Baojun E100, yang terinspirasi oleh Smart ForTwo Electric Drive.

Dikutip dari Carscoops, Baojun E100 didukung oleh satu motor yang mampu memberikan daya dorong hingga 40 tenaga kuda dan torsi 81 lb-ft, dengan kecepatan tertinggi mencapai 100 km per jam.

Kemasan baterai lithium-ion yang kapasitasnya belum dibocorkan perusahaan untuk saat ini, dapat terisi penuh dalam waktu 7,5 jam dan mampu menempuh jarak hingga 155 km.

Untuk mendukung kenyamanannya, pabrikan mobil Tiongkok ini menggunakan independent front-wheel suspension di bagian depan dan single-arm rear suspension bagian belakang.

Fitur lainnya ada electronic brakeforce distribution (EBD), anti-lock brake system (ABS), electric power steering, pedestrian alert, electronic parking brake, parking sensors, dan ISOFIX locks for child safety seats.

Kabin yang bisa menampung dua orang penumpang dewasa juga telah dilengkapi dengan sistem hiburan dengan layar sentuh berukuran 7 inci serta Wi-Fi, dan menjadi fitur standar untuk versi paling bawah. Sementara versi di atasnya, yakni Zhixiang telah dilengkapi dengan touchpad, air filter, dan keyless entry.

Menurut perusahaan, Baojun E100 yang dibanderol USD5,326 bukanlah mobil listrik pertama yang dibuat oleh GM, selain itu ada Baojun SUV 510 dan 560, serta 310 hatchback dan wagon.


(UDA)