Klub dan Komunitas

ERCI Tangerang Sambangi Masyarakat Baduy

Ekawan Raharja    •    Jumat, 01 Sep 2017 09:54 WIB
klub mobil
ERCI Tangerang Sambangi Masyarakat Baduy
ERCI chapter Tangerang kini berusia lima tahun. ERCI

Metrotvnews.com, Tangerang: Ertiga Club Indonesia (ERCI) chapter Tangerang kini genap berusia lima tahun. Uniknya mereka memperingati hari jadi mereka dengan mengadakan kegiatan filantropi kepada masyarakat Baduy.

Acara yang bertajuk Rangers Road to Baduy diadakan sebagai bentuk kepedulian ERCI chapter Tangerang kepada sesama, khususnya masyarakat Baduy. Terlebih masyarakat Baduy di Kampung Cisaban, Lebak, Banten baru saja mengalami musibah kebakaran yang menghanguskan seluruh bangunan.

"Perayaan ulang tahun kali ini sedikit berbeda karen selain toring kita membrikan bantuan donasi kepada masyarakat Baduy yang menjadi korban kebakaran. Donasi dikumpulkan dari swadaya semua member dan kemudian dibelikan baju adat dari masyarakat Baduy yang menjadi salah satu kebutuhan utamannya," ujar Ketua Pelaksana HUT ke-5 ERCI chapter Tangerang, Listiyono, melalui keterangan resminya.

Acara sosial ini berlangsung pada Minggu (27/8/2017) dan diikuti oleh 66 mobil dari komunitas mobil low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut. Mereka berbondong-bondong datang untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat Baduy di Kampung Cisaban.

Para peserta berkumpul di kawasan Gading Serpong pada pukul 05.00, dan melakukan perjalan hingga tiga jam untuk mencapai tempat tujuan. Aksi konvoi ini juga menjadi konvoi terbesar yang pernah dilakukan oleh ERCI chapter Tangerang.

Sesampainya di lokasi acara, rombongan langsung disambut oleh masyarakat setempat. Sejumlah kegiatan seremonial dan penyerahan bantuan dilakukan, termasuk sambutan dari ERCI chapter Tangerang maupun perwakilan warga Kampung Cisaban.

Kemudian peserta yang hadir juga diperkenalkan dengan budaya khas Baduy. Sehabis itu, mereka juga di ajak untuk masuk ke dalam hutan yang masih terjaga dan menikmati durian yang sedang panen.

"Kegiatan kali ini memiliki pesan yang cukup kuat dan mendalam di perayaan ulang tahun yang sedehana, kita bisa menikmati touring seraya berbagi dengan sesama dan yang lebih penting touring keluarga ke Baduy juga mengajak kita memperkenalkan budaya dan kearifan lokal kepada anak-anak kita langsung didepan mata. sehingga menjadikan pengalaman yang luar biasa," ujar Pendiri ERCI chapter Tangerang, Denis Cristanto.


(UDA)