pencurian mobil,

Curanmor Canggih, Kunci Mercy C-Class Dibobol Pakai Relay

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 29 Nov 2017 09:41 WIB
curanmor
Curanmor Canggih, Kunci Mercy C-Class Dibobol Pakai Relay
Pencurian mobil Mercedes-Benz C-Class menggunakan relay. Carscoops

Inggris: Kepolisian Inggris telah merilis rekaman CCTV aksi pencurian mobil Mercedes-Benz C-Class, di Solihull, Inggris, beberapa waktu lalu. Padahal pabrikan mobil Jerman itu cukup dikenal memiliki teknologi canggih dengan tingkat keamanan yang tinggi dalam mencegah aksi pencurian.

Dilansir dari Carscoops, cuplikan CCTV memperlihatkan aksi pencurian C-Class yang kian modern dan canggih. Untuk membobol pintu atau pengaman mobil, pelaku tak lagi menggunakan kunci konvensional atau menggunakan kunci leter T. Bahkan pelaku tak menyentuh mobil sama sekali ketika membobol sistem keamanan C-Class.

Kepolisian setempat menjelaskan, dalam aksinya pelaku menggunakan perangkat relay atau alat yang bisa menangkap sinyal remote mobil. Untuk menangkap sinyal pelaku juga tidak perlu masuk ke dalam rumah, cukup mengarahkan relay ke arah remote melalui pintu atau jendela dari luar rumah.

Setelah relay berhasil menangkap sinyal remote, terlihat ada alat kedua berbentuk kotak yang diletakkan di dekat mobil, kemudian merespon secara otomatis membuka pintu mobil. Aksi pencurian itu pun berjalan mulus, dengan mengelabui sistem keamanan kunci fob atau sistem keyless.

Dalam rekaman CCTV mobil berhasil dibawa kabur tanpa kendala berarti. Yang artinya setelah pintu mobil dapat terbuka tanpa dirusak atau dipaksa, maka secara otomatis sistem komputer mesin juga terbaca dan dikelabui oleh relay, sehingga mesin bisa dinyalakan.

Salah satu petugas Kepolisian West Midlands, Mark Silverster mengatakan, ada beberapa cara bagi pemilik untuk melindungi mobilnya dari aksi pencurian. Diantaranya menggunakan kunci pengaman tambahan seperti kunci setir, dan menambah alat pelacak atau GPS pada mobil.


(UDA)