Mobil Listrik

Intip Bus Listrik Karya Anak Bangsa

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 01 Mar 2018 14:48 WIB
mobil listrik
Intip Bus Listrik Karya Anak Bangsa
Bus listrik Mobil Anak Bangsa siap dukung program pemerintah kurangi polusi. medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Mengurangi emisi gas buang dalam industri otomotif nasional, salah satunya dengan cara menggunakan teknologi kendaraan ramah lingkungan. Artuya, mobil tersebut memiliki pembuangan emisi karbon rendah dengan mengacu pada kinerja kendaraan bermotor di bawah satu kebijakan, yakni low carbon emission program (LCEP).

PT Mobil Anak Bangsa (MAB) pun mewujudkan komitmen mereka dalam bentuk transportasi ramah lingkungan, yaitu membuat bus bertenaga listrik. 

Menurut Direktur Teknik, Bambang Tri Sasongko, bus listrik lower entry bermerek MAB itu didesain sepenuhnya oleh orang Indonesia. 

"Bus listrik lower entry tujuannya agar memudahkan orang untuk keluar masuk. Karena dilengkapi suspensi yang bisa naik turun, ketinggian maksimum hingga 25 cm dan rendah dengan tanah 24 cm," kata Bambang di Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Bus listrik yang dipamerkan di GIICOMVEX 2018 merupakan prototipe tipe ke-2, kata Bambang, sebelumnya MAB juga sudah ada prototipe ke-1 yang sudah menjalani ujicoba dan telah diserahkan ke pemerintah.

"untuk masuk ke tahap produksi kami tinggal menunggu kebijakan pemerintah. Yang pasti keinginan kita bus ini dapat ekspansi hingga ke wilayah Asia, makanya desainnya sudah bergaya Eropa/European style," jelas Bambang.


(UDA)