Teknologi Otomotif

Inggris Wajibkan Mobil Otonom pada 2021

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 21 Nov 2017 13:21 WIB
teknologi otomotif
Inggris Wajibkan Mobil Otonom pada 2021
Pemerintah Inggris mudahkan izin untuk uji mobil otonom di jalanan umum. Carscoops

London: Era mobil listrik dan mobil otonom semakin mendapatkan lampu hijau dari berbagai negara dunia. Apalagi jika bukan karena lebih ramah lingkungan dan bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Inggris sudah merevisi regulasi yang menyatakan pada tahun 2021 mobil otonom jadi hal yang wajib. Pekan lalu kanselir Philip Hammond mengumumkan perubahan regulasi untuk pengujian mobil otonom di jalan umum.

Perubahan regulasi ini juga mewajibkan mobil otonom yang diuji tidak boleh berisi penumpang atau operator yang mengikuti dengan kendaraan lain. Artinya mobil yang diuji akan bergerak sendiri untuk membuktikan kinerjanya.

Hammond berbicara kepada The Guardian kalau hal tersebut dimaksudkan agar Inggris jadi yang terdepan dalam perubahan teknologi pada industri mobil, sekaligus persiapan Inggris lepas dari uni Eropa pada 2019 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, petinggi asosiasi manufaktur otomotif setempat, mike Hawes setuju, dan mengatakan hal ini bagus untuk negaranya. "Kami mendukung pemerintah untuk membuat Inggris sebagai negara terbaik untuk mengembangkan, menguji dan menjual mobil otonom," katanya.

Mike juga menambahkan mobil otonom akan mengubah kondisi jalanan, mengurangi kecelakaan dan menyelamatkan ribuan nyawa tiap tahunnya. "Kami melihat kolaborasi dengan pemerintah akan menjadikan Inggris sebagai negara yang mendapatkan banyak manfaat dari teknologi ini," pungkasnya.


(UDA)