Industri Otomotif

Mobil akan Punah 20 Tahun Mendatang

Ekawan Raharja    •    Jumat, 10 Nov 2017 08:14 WIB
industri otomotif
Mobil akan Punah 20 Tahun Mendatang
Waymo merupakan mobil otonom yang dikembangkan oleh Google. Google

Amerika Serikat: Kemajuan teknologi manusia membuat sektor mobilitas pun turut berkembang. Bahkan di prediksi mobil pun akan punah nantinya. Mantan petinggi General Motors, Bob Lutz, membuat prediksi yang cukup mengerikan. Dia memperkirakan mobil akan punah dalam 20 tahun ke depan.

Kepunahan mobil yang dimaksud adalah nanti mobil-mobil tidaklah dikendarai oleh manusia. Mengingat bisa saja dalam 20 tahun mendatang teknologi otonom meningkat pesar, dan menjadi modul standar kendaraan.

"Industri kendaraan terus meningkat pesat. Selama beberapa ratus tahun yang lalu, kuda adalah alat transportasi manusia dan selama 120 tahun terakhir adalah mobi. Sekarang kita mendekati akhir dari mobil karena perjalanan akan masuk ke dalam modul standar," ujar Lutz dikutip dari Carscoops.

Bahkan dia memperkirakan ke depannya, manusia mengemudikan mobil adalah sesuatu hal yang ilegal. Nantinya mobil-mobil harus dikendalikan oleh sistem otonom dan dijalankan oleh perusahaan seperti Uber dan Lyft.

Lutz juga memprediksi industri mobil akan mengalami kemunduran, khususnya tidak ada lagi mobil dengan performa tinggi. Mengingat semua mobil akan dijalankan dengan kecepatan yang sama.

Pria yang paham dengan dunia industri otomotif membayangkan bahwa memiliki dan bisa mengendarai mobil akan menjadi hal mewah. Bisa saja untuk mengendarai mobil tapi hanya di tempat-tempat khusus, dan dilarang di jalanan.


(UDA)