Teknologi Mobil

Pakai Baterai Baru, BMW i3 Bisa Tempuh 300 km

Ekawan Raharja    •    Kamis, 15 Sep 2016 16:26 WIB
bmw
Pakai Baterai Baru, BMW i3 Bisa Tempuh 300 km
BMW i3 akan dibekali baterai baru yang memiliki jarak tempuh lebih jauh dari baterai sebelumnya. BMW

Metrotvnews.com: BMW akan memboyong i3 di Paris Motor Show 2016. Namun berbeda dengan i3 yang sudah ada di pasaran, mobil mungil ini akan dilengkapi baterai baru yang sanggup menempuh jarak 300 kilometer.

Dikutip dari BMWCA, mobil berteknologi hybrid ini akan menggunakan baterai baru 94Ah lithium-ion. Edisi i3 sebelumnya menggunakan dengan baterai 60 Ah lithium-ion yang hanya bisa menempuh jarak hingga 160 km.

Unggul dari kompetitornya, Nissan Leaf yang sanggup menempuh 249 km. Tentu capaian ini jauh di bawah i3 generasi sebelumnya. Tapi dengan adanya baterai baru, i3 akan menyandang status mobil listrik dengan jarak tempuh terjauh.

Tapi jangan lupakan mesin konvensionalnya. Mengingat statusnya masih tetap mengusung sistem hybrid. Mesin dengan kapasitas 647 cc 2-cylinders, cukup untuk membuatnya jadi sedan dengan mesin bensin terkecil di kelasnya. Ketika dikawinkan dengan gearbox single speed, mesin ini tumpahkan tenaga 170 daya kuda.

Tak sekadar memperkenalkan baterai baru, pabrikan asal Jerman ini juga memperkenalkan BMW i Wallbox. Nantinya charger untuk i3 ini diklaim akan lebih cepat mengisi baterainya.

Tapi sayangnya peluncuran i3 ini tidak akan meriah. Pasalnya beberapa petinggi BMW memastikan diri untuk tak hadir di Paris Motor Show 2016, lantaran silang pendapat mengenai strategi masa depan mobil listrik.
 


(UDA)