Perawatan Mobil

Bikin Kebal Cat Mobil, Jangan Asal Pakai Coating

   •    Sabtu, 01 Oct 2016 15:07 WIB
aksesoris otomotif
Bikin Kebal Cat Mobil, Jangan Asal Pakai <i>Coating</i>
Aplikasi coating di bodi mobil, pilih yang tak bikin beban bagi bodi. AI

Metrotvnews.com, Jakarta: Lapisan cat yang biasanya diberikan oleh pabrikan otomotif, biasanya tak mengandung coating khusus anti gores. Kalaupun ada, tingkat kekuatan perlindungannya juga dirasakan kurang bagus.

Kelemahan inilah yang dimanfaatkan oleh produsen coating dan car detailing dunia. Seperti yang dilakukan Nano Ceramic Indonesia (NCI). Mereka meluncurkan produk baru yang mereka namakan dengan SIO5 ExtremeHD. Bahan pelapis cat mobil ini mengandung 2 mikron lapisan tipis dan mampu melindungi cat mobil selama 5 tahun.

"Coating untuk mobil, memang pilihannya banyak. Tapi yang benar-benar punya kualitas dan harga yang disesuaikan dengan pasar Indonesia, tak banyak. Makanya kami meluncurkan coating premium untuk pasar Indonesia. Mengapa ini menarik, karena kami memproduksinya secara lokal, meski dengan lisensi dari Jerman. Artinya dengan biaya produksi yang lebih rendah, kami bisa memasarkannya dengan harga yang lebih bersaing," ujar CEO PT. NCI, Adi Rezki Arida di Oria Hotel, Jakarta pada Sabtu (1/10/2016).

Bahan pelapis yang biasanya menambah tebal lapisan cat, juga menjadi perhatian mereka. Sehingga hanya dengan 1 layer saja, bahan yang cukup tipis namun sangat kuat, tak membuat SIO5 ExtremeHD yang menempel di bodi menambah bobot mobil.

Kemudian pengaplikasiannya juga bisa mengikuti keinginan konsumen. Berbeda dengan beberapa merek coating yang ada di Indonesia, NCI tak membatasi mereka yang ingin melakukan pelapisan sendiri. Artinya produk SIO5 ExtremeHD bisa dibeli langsung. Tapi NCI tak merekomendasikan ini. Lantaran apliaksi coating harusnya dilakukan mereka yang sudah punya skill khusus.

"Lama pengerjaannya kurang lebih 8 jam, itu pun tidak bisa langsung dipakai. Coating harus benar-benar dalam kondisi kering dan matang untuk dibawa berkendara. Ruangan yang digunakan untuk pelapisan harus bebas dari debu. Ini semua akan menentukan kualitas dari perlindungan ke bodi," imbuh Sole Distributor NCI di Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah, Eddy Halim.

Sebagai gambaran umum harga yang mereka tawarkan untuk SIO5 ExtremeHD ada kategori primary, berkisar di Rp8,5 jutaan. Kemudian untuk tipe luxury mulai dari Rp10 jutaan.


(UDA)