Teknologi Transmisi

Ferrari Mulai Tinggalkan Transmisi Manual

Ekawan Raharja    •    Senin, 10 Oct 2016 11:30 WIB
ferrari
Ferrari Mulai Tinggalkan Transmisi Manual
Ferrari sebutkan penggunaan transmisi manual sudah tidak cocok dengan performa dan teknologi mobilnya saat ini. Ferrari

Metrotvnews.com: Banyak pengemudi mobil yang menyukai transmisi manual, sebagai bagian dari keseruan mengemudi. Namun bagi yang doyan dengan sistem transmisi ini di supercar seperti Ferrari, jangan harap bakal menemukannya di model terbaru. Lantaran Ferrari bertekad tak menggunakannya lagi.

Chief Technology Officer Ferarri, Michael Hugo Leiters, menyebutkan bahwa kuda jingkrak memilih transmisi berdasarkan performa dan teknologi mobil. Disebutkan bahwa transmisi manual sudah tidak cocok dan tak dapat mengimbangi performa si kuda jingkrak. "Secara teknis sudah tidak bisa," tegasnya seperti di lansir dari Jalopnik.

Bahkan disebutkan bahwa pesanan khusus penggunaan transmisi manual sudah tidak bisa. Model terakhir terakhir yang hanya bisa disematkan transmisi manual adalah California T generasi pertama.

Saat ini rival abadi dari Lamborghini menggunakan transmisi otomatis double-clutch di model-model mobil terbarunya. Leiters menyebutkan gearbox model ini adalah pasangan yang serasi untuk performa dan teknologi yang ada saat ini.

Tentu saja langkah ini berbanding terbalik dengan yang dilakukan kompetitornya. Misalkan sebut saja Porsche yang masih mempertahankan varian transmisi manual untuk 911R dan 911 GT3 yang akan dirilis.

Bagi sebagian kalangan, mengemudi dengan menginjak pedal kopling dan menggeser transmisi secara manual masih disenangi. Proses ini yang disebutkan sebagai salah satu seni saat mengemudi, dan bagian dari kesenangan mengemudi.


(UDA)