Transmisi Bermasalah

Transmisi All New Fortuner di Filipina Bermasalah

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 16 Sep 2016 09:46 WIB
toyota
Transmisi All New Fortuner di Filipina Bermasalah
Transmisi All New Fortuner dikeluhkan. MTVN/ Ekawan Raharja

Metrotvnews.com: Pengguna All New Fortuner keluhkan sistem transmisi yang tak biasanya. Sistem transmisi mobil SUV diesel tersebut yang dirasakan kasar. Khususnya saat menggunakan mode sport dan melakukan engine brake atau mengurangi kecepatan dengan melakukan down shift.

Padahal mobil ini mengalami perubahan yang cukup besar dari sisi mesin. Kini mengusung jantung pacu 2.800 cc dengan transmisi otomatis enam percepatan. Untungnya kasus ini tak dialami seluruh unit, melainkan hanya beberapa saja seperti dituliskan Topgear Filipina.

Tapi terkadang perpindahan yang kasar ini kerap terjadi saat upshift atau dalam penggunaan normal di mode berbeda. Sering terjadi pada kecepatan 35 kilometer per jam dan terkadang 80 kilometer per jam, terkadang halus, kadang agak kasar dan kadang sangat keras.

Sayangnya masalah ini juga menyerang pengguna Hilux di sana. Pihak dealer setempat pun menangani masalah ini dengan baik, dengan mereset ECU untuk mengubah idle speed serta mengganti torque converters. Dan cara paling ampuh adalah mengganti transmisi keseluruhan.

Solusi terakhir jelas lebih paten dan efektif, dan pengguna yang diganti transmisinya tak mengeluhkan hal serupa. "Ini bukan masalah keamanan, hanya masalah pada software. Kondisi transmisi normal, semua hanya perlu memprogram ulang ECU, dan tak semua unit transmisi otomatis bermasalah," papar pihak Toyota di sana.

Apakah kasus yang sama juga akan dialami konsumennya di Indonesia, mengingat Fortuner, Hilux dan Kijang Innova model terakhir dibuat dengan basis yang sama? 


(UDA)