Dakar Rally 2019

Al-Attiyah Ungguli Peterhansel di Lintasan Berdebu Etape-4

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 11 Jan 2019 09:13 WIB
toyotabalap mobilminidakar rally
Al-Attiyah Ungguli Peterhansel di Lintasan Berdebu Etape-4
Nasser Al-Attiyah kembali rebut gelar juara di etape keempat Dakar Rally. Dakar

Peru: Etape keempat suguhan jalur marathon stage Dakar Rally 2019 tak kalah seru. Di etape ini para peserta meninggalkan White City mengarah ke zona kecil dengan lintasan yang masih berpasir.

Tak hanya para pembalap yang diuji skill, kemampuan tunggangan mereka juga mendapat tempaan pada etape ini. Lantaran tak jarang kendaraan mereka mengalami gangguan sehingga menghambat perjalanan mereka.

Di beberapa tempat, terutama di sepanjang Rio Tambo menjelang garis akhir 200 kilometer pertama, trek berubah menjadi lintasan agak berbatu. Namun, setelah itu mereka disuguhkan dengan dataran tinggi Pampa de la Clemesí, tapi sekali lagi harus berurusan dengan debu yang halus yang menghalangi jarak pandang peserta. 

Meski begitu, duel ketat diperlihatkan pembalap antara Toyota Gazoo Racing SA, Nasser Al-Attiyah dan pembalap X-Raid Mini JCW Team, Stephane Peterhansel yang memperebutkan gelar juara satu dan dua di etape ini.



Al-Attiyah finish pertama dengan catatan waktu 3 jam 38 menit 49 detik, dibuntuti Peterhansel yang finish di urutan kedua dengan selisih waktu hanya 1 menit 52 detik. Sementara pembalap tim PH-Sport, Sebastien Loeb harus berjuang untuk bisa finish di urutan kelima lantaran debu yang sangat menganggu jarak pandanganya. 

“Hari ini benar-benar berbeda jika kita membandingkannya dengan hari pertama, kedua atau ketiga. Itu benar-benar berbeda tanpa bukit pasir sama sekali, tetapi hanya lembah-lembah besar dan juga lanskap terbuka yang dikenal dengan fesh-fesh, fesh-fesh terkenal dari Chili Utara dan Peru Selatan. Ini seperti bedak, masuk ke dalam mobil dan Anda tidak dapat melihat apa pun. Terkadang ada beberapa batu. Apalagi jika tepat di belakang sepeda motor, lintasan itu benar-benar hancur," kata Peterhansel seperti dikutip Dakar.com.

Hasil etape 4 Dakar Rally 2019:
1. Nasser Al-Attiyah, Toyota Gazoo Racing SA, 3 jam 38 menit 49 detik,
2. Stephane Peterhansel, X-Raid Mini JCW, +1 menit 52 detik
3. Jakub Przygonsk, Orlen X-Raid Team, +8 menit 32 detik
4. Nani Roma, X-Raid Team, +8 menit 49 detik
5. Sebastien Loeb, PH-Sport, +12 menit 23 detik


(UDA)