Mobil Klasik

Cadillac Die Valkyrie Concept, Bakal Incaran Kolektor

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 12 Dec 2017 11:51 WIB
mobil klasik
Cadillac Die Valkyrie Concept, Bakal Incaran Kolektor
Cadillac Die Valkyrie Concept 60 Special 1955 langka jadi incaran kolektor mobil antik. Autoevolution

Amerika Serikat: Untuk membuat sebuah mobil, biasanya diawali dengan proses desain sketsa, lalu rekayasa desain dan berlanjut ke pembuatan mobil konsep atau prototipe. Baru kemudian akan keluar versi produksinya. Namun prosesnya yang panjang tidak menjamin mobil konsep bakal masuk ke dalam jalur produksi.

Alasannya bermacam-macam, ada yang dibuat hanya untuk kepentingan show, karena perubahan desain, ataupun biaya produksi yang terlalu tinggi. 

Yang menarik ternyata sebagian besar mobil konsep yang tidak masuk jalur produksi diminati dan menjadi incaran kolektor mobil antik, terlebih mobil yang unitnya terbatas dan tergolong langka. 

Seperti Cadillac Die Valkyrie Concept 60 Special 1955, karya desainer Clifford Brooks Stevens ini, yang tidak disebutkan alasannya tidak masuk jalur produksi. 

Dilaporkan Autoevolution, ide dasar membuat Die Valkyrie Concept adalah menciptakan mobil khas Amerika yang ikonik dan dikenal di seluruh dunia. Die Valkyrie Concept milik Steven ini merupakan hadiah untuk sang istri, Alice. 

Beberapa waktu kemudian, mobil konsep itu pun diserahkan ke Books Stevens Museum untuk dilestarikan. Kini mobil konsep langka bernomor chassis # 001 ini ditawarkan untuk dijual oleh Hyman Ltd, seharga USD395 ribu atau sekitar Rp5,3 miliar.

Menurut Hyman Ltd, Die Valkyrie Concept dijual dengan kondisi mobil yang masih orisinil, dengan pengecualian warna bodi yang telah di cat ulang karena termakan usia. 

Mobil konsep ini juga dilengkapi dengan atap hardtop yang bisa dilepas, bodywork Spohn Works, dan mesin V8 5.4 liter dual-quad OHV, yang mampu menyemburkan tenaga sekitar 270 daya kuda, dikawinkan transmisi otomatis Hydra-Matic, yang dikembangkan oleh General Motors.


(UDA)