Tips Knowledge

Beli Mobil Diesel Bekas, Perhatikan Warna Asap Knalpot

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 20 Mar 2018 09:39 WIB
tips knowledge
Beli Mobil Diesel Bekas, Perhatikan Warna Asap Knalpot
Kondisi mesin mobil diesel dapat dipantau melalui gas buangnya. Paolo Bona

Jakarta: Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan alternatif jika dana yang dimiliki terbatas. Namun membeli mobil bekas tetap tak bisa sembarang. Khususnya ketika membeli mobil bermesin diesel. Calon pembeli harus jeli supaya mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang tetap istimewa. 

Menurut Service Head Passenger Car, Sunarto, melihat kondisi mesin diesel bisa melalui asap knalpot. Asap yang dihasilkan oleh knalpot memiliki indikasi khusus. Terutama kondisi mesin mobil.
 
"Jika harus memilih antara mobil diesel berasap hitam atau berasap putih, saya pilih asap hitam," beber Sunarto kepada Medcom, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Asap mobil yang berwarna hitam menunjukkan ada masalah di sistem pembuangan mobil. Sedangkan asap berwarna putih menunjukkan problem di sistem pembakaran mobil. 

"Saya memilih asap warna hitam karena biaya servis tidak begitu mahal. Sedangkan asap putih menunjukkan sistem pembakaran bahan bakar bermasalah, seperti injektor. Coba silakan ke bengkel resmi dan tanya berapa biaya penggantian injektor bahan bakar," terangnya.

Oleh karena itu, jangan salah pilih beli mobil bekas. Terlebih lagi jika ingin memboyong mobil bermesin diesel.


(UDA)