Balap Mobil

ISSOM Sajikan Format Balap Malam di 2018

Ahmad Garuda    •    Sabtu, 17 Mar 2018 20:33 WIB
balap mobil
ISSOM Sajikan Format Balap Malam di 2018
Penyelenggara ISSOM tahun ini sajikan balap malam dan balap jalan raya. medcom.id/Ahmad Garuda

Tangerang Selatan: Pagelaran balap Indonesian Sentul Series of Motorsports (ISSOM) 2018, bakal meriah. Promotor balap yang dikelola ABM Enterprise dan Manajemen Sirkuit Sentul, bakal menggelar balap malam. Sebelumnya, tahun lalu salah satu seri balap ini sudah berlangsung di sirkuit jalan raya Tangerang Selatan.

Komitmen besar untuk menyelenggarakan balap dengan format pelaksanaan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya ini, menjadi komitmen besar Sentul. Terutama untuk menghadirkan balapan kelas dunia. Apalagi ABM Motorsport sebagai promotornya juga punya konsep besar yang cukup menarik untuk membuat balapan ini semakin diminati.

"Tahun ini adalah tahun ke-25 Sirkuit Sentul di industri olahraga otomotif tanah air dan dunia. Tak ingin melewatkan momen ini begitu saja, kami bersama ABM Enterprise akan memberikan penyelenggaraan balap yang lebih menarik seperti balap malam. Hadiahnya pun jadi lebih menarik karena ada mobil, motor hingga unit apartemen yang jadi hadiah utamanya," ujar General Manager Sirkuit Sentul, Lola Moenek di Titan Center, Bintaro, Tangerang Selatan pada Sabtu (17/3/2018).

Kelas balap bergengsi ITCC yang selalu menjadi andalan ISSOM

Menurut Lola, komitmen besar ini juga menjadi bentuk partisipasi mereka dalam membesarkan industri balap nasional. Mengingat balap mobil tetap diminati bukan hanya para pembalap, tapi juga industri otomotif nasional. Mereka bahkan menjadikan ISSOM sebagai bentuk pengujian langsung performa hingga ketangguhan mobil mereka di lintasan balap.

Khusus untuk balap malam, Lola menegaskan bahwa mereka takkan mewadahi semua kelas. Hanya ada lima kelas yang dilombakan di balap malam yang bakal berlangsung sehari setelah perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yaitu Sabtu 18 Agustus 2018 nanti.

"Hari ulang tahun Sentul kan jatuh pada tanggal 22 Agustus, sebelum ultah itu, kita gelar balap malam ini. Nanti konsepnya akan kita gabung dengan ragam hiburan, sehingga penonton yang datang juga merasa terhibur bukan hanya nonton balap saja. Kita sudah rumuskan itu."

Kelas balap bergengsi yang mewadahi maniak balap mobil retro

Lola juga mengakui bahwa Suzuki pun mulai tertarik untuk membuka kelas balap satu merek khusus untuk tipe Ignis. "Suzuki sudah konfirmasi tentang keikutsertaan mereka di ajang balap ini, namun mereka takkan ikut di seri awal. Nanti mereka infokan lagi di seri mana mereka tepatnya akan ikut."

Untuk membuat balapan ini jadi semakin 'Sentul minded', promotor event akan membuat tropi khusus untuk para pemenang. Di antara tropi tersebut adalah tropi Hutomo Mandala Putra untuk Grand Champ ITCC 1500, kemudian tropi Tinton Soeprapto untuk Grand Champ ITCC 1600 Max, tropi Ananda Mikola untuk Grand Champ STC 2 dan tropi Dadang Taruna untuk Grand Champ STC 1.


(UDA)