Industri Otomotif

Lagi, Ford F-150 Raptor KW di Tiongkok

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 22 Nov 2017 15:34 WIB
industri otomotif
Lagi, Ford F-150 Raptor KW di Tiongkok
Projen kloning Ford F-15- Raptor. Carscoops

Tiongkok: Pabrikan otomotif asal Tiongkok kembali berulah dengan menjiplak desain mobil-mobil yang laris di pasaran. Kali ini aksi plagiat dilakukan pada brand asal Amerika, yaitu dengan menjiplak model Ford F-150 Raptor. 

Dilansir dari Casrcoops, produsen atau brand yang menjiplak tersebut bernama Projen, sementara penjualan pickup itu disebut belum dimulai. Beberapa pihak memprediksi jika produsen mobil tersebut akan kesulitan saat menjualnya ke pasar.

Bagian yang menarik, ini bukan pertama kalinya Projen menjiplak desain Ford. Sebelumnya pada 2012 lalu Projen juga berusaha mengkloning model F-150, namun berhasil dicegah oleh Ford. Dalam keterangan persnya, Ford mengaku keulitan untuk mengamankan paten desain di Tiongkok

Dalam foto yang dilansir Carcoops, desain Projen yang sangat mirip dengan Ford F-150 Raptor adalah kisi-kisi depan yang pada dasarnya identik dengan Raptor, begitu pula lampu depannya. 

Selain itu, desain yang sangat mirip juga nampak di bagian plat depan berwarna silver, pelek dan ban, termasuk desain lampu belakang yang mirip dengan Raptor. Jika Projen berhasil mencapai jalur produksi, rencananya juga akan mengusung mesin turbocharged 2.5 liter.

Kasus serupa juga pernah dialami Land Rover, beberapa waktu lalu. Produsen otomotif asal Tiongok bernama Landwind telah menjiplak desain Range Rover Evoque. 

Bahkan, membuat hubungan pabrikan mobil Inggris itu tidak harmonis dengan pabrikan mobil Tiongkok. Terlebih setelah Land Rover menggugat Landwind untuk model crossover X7, yang secara terang-terangan dinilai meniru model Evoque.


(UDA)