Kaleidoskop Otomotif Nasional

Volvo Kembali ke Indonesia di Bawah Bendera Garansindo

Ekawan Raharja    •    Selasa, 26 Dec 2017 15:57 WIB
industri otomotifvolvo
Volvo Kembali ke Indonesia di Bawah Bendera Garansindo
Volvo kembali ke pasar otomotif Indonesia setelah sekian tahun menghilang. Doc Medcom.id

Jakarta: Teka-teki nasib Volvo di Indonesia akhirnya terkuak di 2017. Pabrikan mobil asal Swedia ini kembali ke pasar otomotif tanah air dengan bendera baru yakni Garansindo.

Sebelumnya dalam beberapa tahun ke belakang, nasib Volvo di bawah Indomobil Group bisa dibilang tidak ada pergerakan signifikan. Padahal di era 90-an, Volvo menjadi salah satu pemain utama di segmen mobil premium karena banyak digunakan oleh para menteri sebagai kendaraan operasionalnya.

Hanya saja lama kelamaan Volvo semakin tenggelam. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sejak 2006 sudah tidak pernah menjual unitnya di atas 100 unit. Kemudian di 2014 Volvo sudah tidak berjualan, dan 2015 namanya hilang dari data Gaikindo.

Hal ini sempat menimbulkan tanda tanya kemana Volvo? Apakah masih berada di bawah naungan Indomobil?

Jawaban ini akhirnya muncul di Februari 2017 dimana mereka kembali. Hanya saja kehadiran mereka kini di bawah panji Garansindo, sebuah group otomotif yang juga membawahi Jeep, Fiat, Crysler, dan beberapa merek mobil lainnya.

"Kami dengan bangga memperkenalkan partner baru di Indonesia, yaitu Garansindo. Kami yakin bahwa kemitraan ini akan memberikan peningkatan pelayanan bagi konsumen di Indonesia dan mengembangkan bisnis di kawasan ini," ujar Senior Vice President of Volvo Car Group, Lars Danielson, melalui keterangan resminya.

Kerja sama antara Volvo dan Garansindo membuat group otomotif asal Indonesia tersebut memiliki tanggung jawab untuk penjualan dan layanan purna jual Volvo di seluruh Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan kehadiran Volvo di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Merek otomotif asal Swedia ini hadir dengan menampilkan New XC90, New S90, S60 dan V40 Cross Country.

Kemudian Garansindo hingga saat ini memiliki sebuah dealer resmi untuk Volvo di kawasan Gatot Subroto Jakarta. Sedangkan untuk urusan servis, pemilik mobil Volvo bisa melakukannya di semua bengkel resmi milik Garansindo.

Bisakah Volvo kembali merajai segmen premium di Indonesia, bersanding dengan BMW atau Mercedes-Benz ketika di era berjayanya?


(UDA)