Industri Otomotif

Toyota dan Mazda Umumkan Kerja Sama Senilai USD570 Juta

Ekawan Raharja    •    Sabtu, 05 Aug 2017 13:56 WIB
mazdatoyota
Toyota dan Mazda Umumkan Kerja Sama Senilai USD570 Juta
Bos Toyota Akio Toyoda (kiri) dan Boz Mazda Masamichi Kogai (Kiri) mengumumkan kerjasama berupa berbagai saham. Caradvice

Metrotvnews.com: Toyota dan Mazda kini mengumumkan babak baru untuk bekerja sama. Keduanya sepakat untuk saling bertukar saham agar kerja sama ini dapat berjalan dengan baik.

Per Oktober 2017 Toyota bakal memiliki 5,05 persen saham Mazda. Sedangkan Mazda akan memiliki 0,25 saham Toyota. Jika di nilai dengan uang, kerjasama ini bernilai mencapai USD570 juta.

Kerja sama ini bertujuan untuk membangun sebuah pabrik baru di Amerika Serikat pada 2021. Caradvice melaporkan pabrik ini akan bernilai sekitar USD2 miliar dan mempekerjakan 4,000 orang, dan keduanya akan memiliki saham 50 persen untuk pabrik tersebut.

Tentu kerja sama ini bakal meringankan investasi dan melancarkan bisnis keduanya. Terlebih Presiden Amerika Serikat, Donald Trumph, ingin melakukan proteksi pasar Amerika Serikat dengan memberlakukan pajak yang tinggi untuk mobl-mobil yang di impor.

Nantinya Mazda berencana untuk memproduksi mobil bergaya crossover terbaru untuk pasar Amerika Utara. Sedangkan Toyota berencana memproduksi Corolla untuk pasar Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Tidak sampai disitu saja, mereka berencana untuk mengembangkan mobil listrik bersama. Saat ini saja Toyota memasok komponen mobil listrik yang digunakan oleh Mazda3.

Mereka juga berencana untuk berkolaborasi mengembangkan sistem hiburan, termasuk berkoneksi internet. Kemudian Toyota juga akan membeberkan trik bagaimana memproduksi mobil berukuran kecil.

Menarik untuk menyaksikan kerjasama keduanya. Akankah lahir mobil baru dari kerjasama antara Toyota dan Mazda?




(UDA)