Industri Otomotif

Ekonomi Kreatif Industri Otomotif Belum Dilirik Pemerintah

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 31 Aug 2017 11:53 WIB
industri otomotif
Ekonomi Kreatif Industri Otomotif Belum Dilirik Pemerintah
Event modifikasi sepeda motor dorong iekonomi kreatif dalam industri otomotif. SM

Metrotvnews.com, Jakarta: Gelaran kontes modifikasi sepeda motor atau custom bike yang mulai banyak diselenggarakan di seluruh Indonesia. Tak hanya memberikan dampak positif meningkatkan kreatifitas seniman otomotif nasional, tapi dapat juga memajukan industri atau ekonomi kreatif dalam industri otomotif.

Hal itu ditegaskan Lulut Wahyudi, pegiat modifikasi yang juga builder sepeda motor serta pemilik bengkel Retro Classic Cycles, saat berbincang dengan Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Industri ini belum dilirik, padahal dampak dari industri ini sangat besar. Jika ingin dijabarkan satu-persatu, mulai dari rantai hingga jok sepeda motor bisa dibuat oleh industri lokal," papar Lulut.

Pria ramah ini juga mengungkapkan, bahwa builder-builder motor modifikasi yang tersebar di sejumlah kota di Indonesia memiliki potensi dan kemampuan lebih baik dalam membuat suku cadang.

Sayangnya, mereka belum terfasilitasi, sehingga perkembangannya berjalan lambat bahkan berhenti. Padahal banyak builder baru yang bermunculan serta masih butuh dukungan berbagai pihak.

"Saya mengetuk hati para pemangku kebijakan, tolong ini diperhatikan. Kasih kami ruang dan kesempatan, kami tidak minta uang. Kami minta dipinjemkan alat atau sarana yang mendukung industri kreatif di bidang otomotif."

Tidak sekaar bicara, untuk mewujudkan misinya memajukan ekonomi kreatif dalam industri otomotif, Ia pun membuat event besar tahunan bertajuk Kustomfest (Indonesia Kustom Kulture Festival) pada 2012 di Yogyakarta.

Hingga sekarang event itu rutin digelar setiap tahun di Yogyakarta, tujuannya untuk mewadahi builder-builder lokal berkompetisi. Di sini modifikator dan pelaku industri berkumpul.

Ia berharap, kedepannya semua pihak termasuk pemerintah bisa mendukung industri otomotif mulai dari skala yang kecil. Tidak hanya berimbas bertambahnya lapangan pekerjaan di daerah, tapi bisa menambah devisa negara jika produk buatan lokal bisa expansi ke luar negeri.


(UDA)