Mobil Bekas

Beli Mobil Bekas, Wajib Siapkan Biaya Reparasi

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 07 Sep 2017 10:20 WIB
mobil bekas
Beli Mobil Bekas, Wajib Siapkan Biaya Reparasi
Sejumlah faktor dapat mempengaruhi harga mobil bekas di pasaran. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak seperti membeli mobil baru yang langsung dikirim dari pabrik. Membeli mobil bekas harus teliti dan tidak bisa sembarangan, karena kondisinya yang sudah memiliki jam terbang serta history pemakaian dari orang lain.

Apalagi membeli mobil bekas usia di atas 10 tahun, dengan alasan harganya yang setengah dari harga baru atau lebih murah 30-40 persen. Namun membeli mobil bekas dengan usia seperti itu bukan tanpa masalah, jika tak siap dengan dana perbaikan malah bakal menyusahkan.

"Namanya juga mobil bekas, apalagi yang di atas 10 tahun, ya mau tidak mau harus siap dengan segala kondisi. Termasuk kerusakan atau aus pada beberapa bagian," ujar pengusaha jual beli mobil bekas individual, Posma Surya Halilintar, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Posma, ada beberapa komponen yang wajib Anda periksa ketika meminang mobil bekas, seperti kampas rem, kampas kopling, oli mesin, oli gardan, transmisi, suspensi, alternator, dinamo ampere, dinamo starter dan ban. Biar aman dan tidak merepotkan saat di jalan, semua bagian tersebut harus diganti.

Posma yang akrab disapa dengan Ucok ini pun menegaskan, bahwa dana reparasi yang harus disiapkan bagi mereka yang ingin membeli mobil bekas minimal Rp10 jutaan. "Ini kalau kita bicara tentang mobil bekas sedan dan minibus Jepang atau Korea ya. Tapi kalau ngomong tentang mobil Eropa, lain lagi ceritanya. Komponen mobil Eropa yang harganya selangit, membuat proses reparasinya juga bakal memakan biaya besar."

Baik mobil Eropa atau pun mobil Jepang, Korea dan Amerika, item yang wajib diperiksa tetap sama. Karena komponen itulah yang bekerja sepanjang mobil tersebut dipelihara sang empunya. Jadi, kalau mau membeli mobil bekas di atas 10 tahun, sebaiknya siapkan dana reparasi. Agar saat menggunakan mobil ini bisa lebih nyaman, aman dan tenang.


(UDA)