Transportasi Dunia

Di Dubai, Tesla Model S dan X Hanya jadi Taksi

Ekawan Raharja    •    Kamis, 28 Sep 2017 19:31 WIB
transportasi
Di Dubai, Tesla Model S dan X Hanya jadi Taksi
DTC rencananya mempersiapkan 200 unit Tesla Model S dan X sebagai taksi.

Metrotvnews.com: Kita bisa menyebutkan kalau negara-negara di Uni Emirat Arab, atau katakan saja salah satunya adalah Dubai, sebagai salah satu surga otomotif. Di sini berkumpul ribuan mobil mahal, terbaru, unik, dan langka lalu lalang di jalanan.

Sebagai contoh, warga dan pengunjung Dubai bisa dengan mudah menemukan salah satu mobil tercanggih saat ini yakni Tesla Model S dan X. Bahkan mereka bisa mencicipi kedua mobil tersebut karena mobil ramah lingkungan itu dijadikan armada taksi untuk Dubai.

Pemerintah setempat baru memperkenalkan 50 mobil taksi yang keseluruhannya adalah Model S dan X. Armada ini berada di bawah kendali Dubai Taxi Corporation (DTC) yang dipimpin Shaikh Mohammad Bin Rashid Al Maktoum.

Jumlah ini masih sebagian kecil dari rencana yang sudah dibuat pada Februari 2018. Nantinya pada 2018 akan ada 75 unit lagi yang akan diserahkan. Kemudian di 2019 masih akan diserahkan 75 sisanya.

Rencana penggunaan mobil listrik sebagai taksi, juga dibarengi dengan pembangunan stasiun pengisian tenaga listrik. Kota yang berada di tengah gurun ini langsung membangun stasiun pengisian listrik fast charging untuk memunjang kebutuhan.

Pria yang juga Wakil Presiden Uni Emirat Arab memilik Tesla Model S dan X bukan tanpa sebab. Dia memilih keduanya karena sesuai dengan rencana pemerintah kota setempat yakni Dubai Smart Autonomous Mobility Strategy.

Pemerintah Dubai menginginkan kotanya bisa segera mengaplikasikan mobil-mobil otonom atau mobil tanpa supir. Mereka menargetkan pada 2030, 25 persen perjalanan mobil di Dubai nantinya tanpa supir.

Selain itu penggunaan mobil listrik juga sebagai bentuk pengurangan emisi gas buang. Shaikh Mohammad Bin Rashid Al Maktoum sekarang sudah menggalakan program ramah lingkungan untuk Uni Emirat Arab.

Tertarik mencoba taksi mobil listrik?




(UDA)