Mobil Baru

Nissan Tergiur Pasar Full Size SUV Berbasis Pikap

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 13 Jun 2017 11:49 WIB
nissan
Nissan Tergiur Pasar Full Size SUV Berbasis Pikap
Sosok SUV diesel berbasis pikap Nissan sedang diuji coba. Autoblog

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini pasar mobil yang banyak diminati adalah Low MPV (multi purposes vehicle) yang jadi kantongnya penjualan mobil secara nasional. Kemudian segmen compact SUV (sport utility vehicle), yang penjualannya terus meningkat dan tren dunia mengarah pada model ini.

Lalu satu lagi segmen yang tumbuh subur di Indonesia adalah SUV diesel, yang  berbasis pikap. Segmen ini diakui Budi Nur Mukmin, GM Marketing Strategy & Product Planning PT Nissan Motor Indonesia (NMI) pasar yang menarik.

"Segmen ini perkembangannya cukup signifikan sejak dua tahun lalu. Kalau tidak salah penjualannya dua kali lipat dari SUV bensin seperti X-Trail, jadi ini pasar yang benar-benar menarik," katanya 12 Juni 2017 kemarin, disela media gathering di Menteng, Jakarta.

Jika melihat dari lini produk yang dimiliki NMI, mobil pikap yang dimaksud adalah Navara. Sudah pasti mobil ini yang akan dijadikan basis untuk SUV berbasis pikap tersebut, serta mengusung mesin diesel.

Lalu kapan produk ini akan diluncurkan? "Saya tak bisa memberikan info sampai sejauh itu, tapi ini pasar yang menarik, pasar terus berkembang sementara kita belum punya produknya di segmen itu," tambah Budi.

Saat ini SUV berbasis pikap ada Mitsubishi Pajero Sport dan Isuzu MU-X. Sementara Toyota Fortuner dikategorikan dari hasil pengembangan medium MPV. Namun persaingan justru terjadi antara Pajero Sport dan Fortuner di pasaran SUV diesel dan cukup banyak terihat di jalanan Indonesia.


(UDA)