Industri Otomotif

Tata Motors Belum Mau Mainkan Segmen Bus Besar Indonesia

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 22 Sep 2017 13:25 WIB
tata motors
Tata Motors Belum Mau Mainkan Segmen Bus Besar Indonesia
Tata Motors belum punya produk untuk bus high deck untuk Indonesia. Tata Motors

Metrotvnews.com, Jakarta: Pembangunan infrastruktur di Indonesia turut merangsang pasar otomotif nasional. Salah satunya kehadiran pemain bus besar untuk armada angkutan umum antar kota. Hino jadi pemain besar segmen bus besar, disusul Mercedes-Benz dan Scania.

Isuzu pun mulai ikutan masuk pasar ini dengan merilis sasis bus besar mereka Agustus lalu di GIIAS 2017, yang sudah berbalut bodi. Lalu kapan Tata Motors akan ikut meramaikan pasar bus besar ini?

"Belum tahu, untuk bus besar ada namun karena sekarang jamannya bus high deck, kita tidak ada yang seperti itu, kita punya yang low deck," papar Wildan Bachtiar, Marketing Manager Commercial Vehicle PT Tata Motors Distribusi Indonesia.

Bus low deck ini lebih dikhususkan untuk penggunaan bus perkotaan. "Tapi susah juga, kalau low deck nanti enggak bisa lewati jalan banjir," lanjut Wildan kepada Metrotvnews.com beberapa waktu lalu.

Namun begitu, di luar sana Tata Motors sudah menghadirkan bus bertenaga listrik, maupun hybrid. Keduanya dikenalkan awal tahun ini.

Saat ini dengan semakin bertambahnya ruas jalan tol dan pembangunan jalan provinsi, bisnis bus menggeliat kembali. Sekarang banyak pengusaha transportasi yang melengkapi armadanya dengan sasis premium dan fasilitas mewah.


(UDA)