Industri Otomotif

Mengintip Prototipe Bakal Mobil Pedesaan

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 14 Aug 2017 08:55 WIB
industri otomotif
Mengintip Prototipe Bakal Mobil Pedesaan
Prototipe bakal mobil pedesaan. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, BSD City: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) disebut sedang mengembangkan prototipe mobil pedesaan yang berfungsi sebagai alat angkut hasil pertanian dan perkebunan. Prototipe kendaraan niaga multiguna ditargetkan rampung diproduksi pada 2017.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto berharap produksi mobil pedesaan ini mampu mendorong kegiatan ekonomi di pedesaan, termasuk bagi sektor industri kecil dan menengah (IKM).

"Saat ini masih dalam tahap desain, dan kini sudah ada empat varian, modelnya seperti pick-up, roda empat dan belakangnya bisa diubah-ubah sesuai aktivitasnya. Untuk variannya akan mengikuti kontur pedesaan masing-masing," ucap Airlangga kepada Metrotvnews.com, di Cikarang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Selain itu, pemerintah juga mendorong ekspor untuk prototipe kendaraan niaga multiguna ini, dengan nilai kandungan lokal konten yang sudah mencapai 86 persen.

Menarik, kendaraan angkut khusus perkebunan karya anak bangsa bernama Wintor, yang juga disebut sebagai prototipe kendaraan pedesaan ini bakal dibanderol di kisaran Rp60-Rp80 juta.

"Kita juga sedang merencanakan kendaraan pedesaan di kisaran harga Rp60-Rp80 jutaan. Jika melebihi harga tersebut maka akan menjadi LCGC," jelas Airlangga.

Pemerintah optimistis, peluang pasar untuk mobil pedesaan ini masih cukup besar dengan segmen di bawah 1000 cc. Bahkan, kata Airlangga, para agen pemegang merek (APM) akan menyambut baik kehadiran mobil desa ini.

Spesifikasi Teknis
-Mesin Diesel: Tipe Bonnet dan Semi Bonnet 11HP@2400
-Bahan Bakar: Bio Solar
-Starter:Electric Starter
-Sistem Kemudi:Back & Pinion
-Kecepatan Max: 40 km per jam
-Rem Depan & Belakang: Cakrm Hidraulik
-Jarak Sumbu: Tipe Bonnet 2260mm dan Semi Bonnet 1500mm
-Panjang x lebar x tinggi: Tipe Bonnet 3350mmx1310mmx1900, Semi Bonnet 3250mmx1475mmx1850mm
-Berat Kosong: Tipe Bonnet 650 kg dan Semi Bonnet 700 kg
-Daya Angkut: 600 kg
-Radius Putar: Tipe Bonnet 4.5 kg dan Semi Bonnet 4.0 kg
-Kapasitas Bahan Bakar: 9 liter


(UDA)