Kecelakaan Mobil

Autopilot Bermasalah, Musabab Model S ini Tabrak Pohon

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 13 Sep 2016 08:28 WIB
lalu lintas
Autopilot Bermasalah, Musabab Model S ini Tabrak Pohon
Tesla Model S alami kecelakaan di Belanda. AFP

Metrotvnews.com: Rentang waktu kecelakaan yang tidak berjauhan dalam tahun ini membuat mobil listrik Tesla jadi sorotan pemberitaan. Terlebih brand ini telah melengkapi mobilnya dengan fitur autopilot dan banyak fitur berkendara lainnya yang berteknologi tinggi.

Kali ini kecelakaan tragis menimpa Model S yang menabrak pohon. Akibat tabrakan itu, bagian penyimpanan baterai terbakar. Kecelakaan yang terjadi di Baarn, Belanda, Rabu (7/9/2016), mengakibatkan sang pengemudi tewas.

Pabrikan mobil Amerika ini merilis sebuah pernyataan tentang kecelakaan itu dan mengatakan, bahwa saat kejadian log mobil mengkonfirmasi tidak dalam mengaktifkan autopilot. Dan mobil yang mengalami kerusakan parah, karena kendaraan menghantam pohon dengan kecepatan lebih dari 155 kilometer per jam.

Setelah kecelakaan, Tesla mengirim teknisinya ke lokasi kejadian karena petugas pemadam kebakaran meminta bantuan akibat kesulitan mematikan baterai mobil.

Juru bicara pemadam kebakaran, Ronald Boer mengatakan, jika itu bukan mobil listrik, pemadam kebakaran bisa menanganinya dan tidak kesulitan untuk mematikan baterai. Selain itu mobil ini benar-benar hancur, sehingga menghambat penyelamatan. "Dalam situasi ini, Anda tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi," kata Boer.

Akibat kecelakaan tragis ini, Tesla dipastikan bakal melakukan pengusutan pada sistem autopilot yang bermasalah itu. Hingga sekarang, belum ada kepastian tentang masalah besar di sistem tersebut. Karena selama ini fitur autopilot di Model S belum pernah mengalami masalah serupa.


(UDA)